Roy Suryo Dukung Pembangunan Stadion Cangkring

Written By Unknown on Jumat, 15 November 2013 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Singgih Wahyu

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo menaruh perhatian pada pembangunan Stadion Cangkring di Kulonprogo. Dirinya melihat, keberadaan stradion olahraga tersebut nantinya bisa mendorong kemajuan pembangunan Kulonprogo seiring dengan rencana pembangunan bandara internasional.

"Insyaallah, Kulonprogo bisa lebih binangun ke depannya. Dengan adanya pemindahan bandara ke sini, nanti bisa memunculkan kemajuan dan pengembangan pada hal lainnya, seperti adanya terminal terpadu, stasiun, dan juga stadion ini. Ini bisa jadi daya tarik Kulonprogo dan juga DIY" kata Roy saat meninjau stadion cangkring, kemarin (14/11).

Dia mengaku siap mendukung pengembangan stadion tersebut. Namun begitu, lanjut roy, pemerintah saat ini tidak bisa begitu saja mengucurkan anggaran untuk mendukung pembangunan stadion Cangkring.

Sistem anggaran top down sekarang tidak bisa lagi dilakukan sehingga perlu kesiapan daerah untuk mengajukan usulan dari bawah (bottom up). Diakuinya ,pembahasan APBN 2013 saat ini sudah ditutup. Namun hal itu bukan menjadi halangan mengingat masih bisa dilakukan pengajuan usulan melalui revisi dan APBN perubahan.

Wakil rakyat dari wilayah DIY yang duduk di DPR RI menurutnya bisa dimintai bantuan tanggungjawab untuk membawa hal tersebut ke pemerintah pusat. Masyarakat Kulonprogo juga haru mendukung upaya realisasi stadion tersebut, apalagi pada 2015 mendatang, Kulonprogo akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Porda. Dengan demikian, ada dorongan support bagi upaya pengembangan pembangunannya.

"Kalau ada wakil kita di Komisi X pasti akan lebih mudah. Soalnya APBN sekarang tidak bisa untuk membangun sarana prasarana di daerah. Jadi, pemerintah pusat itu tergantung pada usulan daerah, harus ada sharing anggaran dengan daerah. Kalau kami yang mengusulkan malah jadi masalah," ucapnya.

Roy juga memberikan beberapa catatan terkait pembangunan stadion tersebut. Dia meminta perkembangan pembangunannya nanti harus dengan konsep yang jelas. Apakah akan dijadikan stadion madya berkapasitas 15 ribu sampai 20 ribu dengan lintasan atletik atau cukup stadion sederhana saja.

Pasalnya, saat ini sudah ada ketentuan untuk konsep standar stadion, gedung olahraga, dan sebagainya. DIa mengusulkan perluasan tribun di sisi timur untuk menampung lebih banyak penonton.

"Saya berharap 2015 nanti stadion ini sudah bisa lebih wangun untuk dimanfaatkan. Namun, harus jelas dulu konsep dan spek pengembangannya supaya tidak jadi stadion yang keburu-buru. Dengan amsterplan yang ada, saya optimis ini bisa dikembangkan," kata dia.

Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo, mengatakan taka nada alokasi anggarna untuk pembangunan stadion sebesar Rp 1 Milyar pada tahun ini. Pemkab Kulonprogo juga akan mengucurkan anggaran untuk pembangunan jalan pendukung ke stadion. Hal itu masih didukung anggaran dari Pemda DIY sebesar Rp 6 milyar melalui APBD Murni.

Terkait usulan Menpora untuk memperluas tribun di sisi timur, Hasto mengatakan hal itu akan dipertimbangkannya. Jarak antara jalan dengan pagar stadion saat ini masih ada sekitar 15 meter sehingga masih memungkinkan perluasan tribun.

"Apa nantinya juga perlu dibangun tribun di atas jalan atau gimana, kita masih pertimbangkan dengan melihat kemampuan anggaran daerah," pungkas Hasto.(*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Roy Suryo Dukung Pembangunan Stadion Cangkring

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/11/roy-suryo-dukung-pembangunan-stadion.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Roy Suryo Dukung Pembangunan Stadion Cangkring

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Roy Suryo Dukung Pembangunan Stadion Cangkring

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger