Rabu Malam, Tim BPPTKG Berangkat ke Puncak Merapi

Written By Unknown on Kamis, 21 November 2013 | 11.22

Laporan Reporter Tribun JOgja, Ekasanti Anugraheni

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Tim Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan geologi (BPPTKG) Yogyakarta akan meneliti sample endapan material hasil letusan freatik pada 18 November 2013. Untuk itu, tim diberangkatkan menuju puncak Merapi pada Rabu (20/11/2013) malam untuk mengambil sample material sekaligus untuk melihat langsung kondisi puncak pascaletusan freatik.

"Tim akan mengambil sample material untuk diidentifikasi. Apakah ada material magma baru atau hanya pecahan kubah lava yang sekarang," ucap Kepala BPPTKG Yogyakarta, Subandriyo dijumpai di kantornya, Rabu (20/11/2013).

Jika ada material magma baru, berarti fase erupsi Merapi 2010 sudah selesai dan memasuki fase baru. Namun, jika hanya material lama, maka letusan kemarin merupakan letusan freatik murni. "Perkiraan kami letusan freatik murni, tapi tetap dicek dulu," imbuhnya.

Selain mengambil sample material, misi tim menuju puncak ialah mencari lokasi baru untuk pemasangan tiltmeter. Tiltmeter ialah alat untuk mengukur kemiringan kubah Merapi sehingga deformasi bisa lebih mudah terdeteksi. Sebab, deformasi kubah merupakan salah satu gejala untuk mendeteksi potensi letusan. Namun dalam letusan freatik minor, deformasi biasanya hanya bisa dirasakan di kawasan puncak.

"Sementara kami belum punya alat yang bisa mendeteksi deformasi secara continue. Makanya tim akan mencari lokasi yang tepat untuk pemasangan tiltmeter tambahan," paparnya.

Menurut Subandriyo, tiltmeter tambahan itu akan dipasang pada jarak yang lebih dekat dengan puncak, serta pada lokasi yang memungkinkan adanya trasmisi secara continue. "Tiltmeter yang sudah ada lokasinya di bawah, sehingga kurang peka terhadap kejadian letusan sesaat, letusan minor seperti kemarin," ucap Subandriyo. (esa)


Anda sedang membaca artikel tentang

Rabu Malam, Tim BPPTKG Berangkat ke Puncak Merapi

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/11/rabu-malam-tim-bpptkg-berangkat-ke.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Rabu Malam, Tim BPPTKG Berangkat ke Puncak Merapi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Rabu Malam, Tim BPPTKG Berangkat ke Puncak Merapi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger