Ini Foto Jejak Material Merapi yang Mengarah ke Kali Senowo

Written By Unknown on Selasa, 19 November 2013 | 11.22

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Petugas pengamat Gunung Merapi di Pos Babadan menyatakan ada tiga alur berwarna putih keabu-abuan, terpantau dari Gunung Merapi, pasca letusan freatik Merapi, Senin (18/11/2013) pagi kemarin. Tiga alur putih tersebut berada di hulu sungai Senowo, dan memanjang sekitar 700 meter dari puncak Merapi.

F

Petugas Pengamat Pos Babadan, Purwono mengatakan, tiga alur putih tersebut terlihat sekitar pukul 08.58. Saat itu, puncak merapi tampak jelas dan tidak tertutup kabut.

"Alur itu, kemungkinan merupakan lontaran aliran awan panas, atau lumpur vulkanik. Tapi itu, dimungkinkan mengandung lumpur dan material debu bercampur air," katanya, saat ditemui di Pos Babadan kemarin.

Menurutnya, alur putih tersebut sangat berbahaya, jika ada penduduk yang dekat dengan wilayah tersebut. Selain berada di sungai Senowo, alur putih tersebut juga berada di alur sungai Trising, meski dalam intensitas kecil.

Pantauan Tribun Jogja, tiga alur tersebut terlihat jelas dari Pos Babadan. Alur putih tersebut, terlihat bercabang di bagian atasnya.

"Penyebabnya adalah hujan yang mengguyur puncak Merapi kemarin Minggu. Bisa juga itu merupakan genangan air. Karena, membentuk cekungan," ulas Purwono.

Ia menambahkan, proses pembentukan alur tersebut, dimungkinkan karena adanya genangan di puncak Merapi. Genangan itu kemudian melontar karena ada tekanan, dan mengalir sejauh 700 meter.

Adapun saat terjadi letusan, petugas pengamat tidak dapat melihat dengan jelas adanya asap yang membubung. Sebab, saat terjadi letusan pada pukul 04.52, puncak Merapi tertutup oleh kabut, dan hanya terdengar suara gemuruh dari Merapi. Meski demikian, ia menyatakan status Merapi sampai saat ini masih aktif normal.

"Hanya memang ada pesan, bagi pendaki agar jangan mendaki sampai di puncak. Atau, hanya sampai pasar bubar," imbuhnya.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magelang, Joko Sudibyo mengatakan, alur baru itu merupakan bentukan hasil erupsi dan semua mengarah ke aliran sungai Senowo.

"Itu teramati, saat cuaca cerah sekali. Tiga alur baru tersebut, dimungkinkan bekas awan panas ataupun lontaran lumpur vulkanik," jelasnya.

Dengan adanya tiga alur di aliran sungai Senowo tersebut, Joko menghimbau masyarakat di wilayah lereng dan kaki gunung Merapi, terutama Kawasan Rawan Bencana (KRB) III, untuk tetap waspada. Ia mengatakan sebanyak 19 Desa di wilayah KRB III, untuk lebih meningkatkan kewaspadaan.

"Bagi warga di lereng dan kaki merapi untuk meningkatkan kewaspadaan. Tetap mencari info merapi pada pihak yang berkompeten. Ini, merupakan fenomena baru Merapi pasca erupsi 2010," ujarnya.

Ia mengatakan alur putih tersebut, bisa sangat berbahaya apabila ada intensitas hujan lebat di puncak Merapi. Sebab, diperkirakan alur putih tersebut merupakan lontaran lumpur vulkanik atau awan panas.

"Apalagi jika mengandung abu. Ini sangat perlu diwaspadai, baik masyarakat dan relawan. Tapi jangan resah," kata Joko.

Menurut dia, celah dan alur sungai di Merapi juga sudah semakin dalam. Ia juga mengatakan kewaspadaan masyarakat adalah terkait dengan erupsi dan banjir lahar hujan Merapi.

Sementara itu, warga di sekitar lereng Gunung Merapi mendengar suara gemuruh dari Merapi kemarin pagi. Suara gemuruh itu, terdengar dari Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, yang berjarak 10 kilometer dari Gunung Merapi.

Sumirah (60), warga Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, mengatakan, saat mendengar suara gemuruh dia sempat keluar untuk melihat Gunung Merapi. "Namun pandangan terhalang kabut tebal. Suaranya lebih keras dari sebelumnya," katanya.

Ia mengatakan suara gemuruh hanya terdengar sebentar dan warga Desa Wonolelo yang berjarak tujuh kilometer dari Kabupaten Boyolali, tetap tenang, tidak panik dan tetap berada di rumah masing-masing. (ais)


Anda sedang membaca artikel tentang

Ini Foto Jejak Material Merapi yang Mengarah ke Kali Senowo

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/11/ini-foto-jejak-material-merapi-yang.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ini Foto Jejak Material Merapi yang Mengarah ke Kali Senowo

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ini Foto Jejak Material Merapi yang Mengarah ke Kali Senowo

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger