UII Luncurkan Bursa Efek Syariah Pertama di Indonesia

Written By Unknown on Sabtu, 28 September 2013 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Joko Widyarso

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Syariah resmi diluncurkan oleh Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia (UII) yang bekerja sama dengan PT Pintraco Securities, Jumat (27/9/2013). Bursa efek syariah yang berada di Fakultas Ilmu Agama Islam UII itu menjadi layanan pertama yang ada di Indonesia.

Irfan Noor Riza sebagai perwakilan Bursa Efek Indonesia DI Yogyakarta mengatakan, saat ini memang masih ada pendapat yang mengatakan bahwa transaksi pasar modal itu haram. Untuk itu, Bursa Efek Indonesia Syariah dibuka untuk menepis pendapat tersebut.

"Memang masih ada bahwa image bursa efek itu haram. Untuk itulah menjadi tugas kami untuk memberi pengertian dan pendidikan bagi masyarakat soal pasar modal," ujarnya, Jumat (27/9/2013).

Ia menambahkan, layanan tersebut dapat diikuti oleh semua pihak, tanpa memandang status dan agamanya. Untuk itu, bursa efek syariah dibuka di kampus UII, sebagai sarana sosialisasi untuk investasi.

Menurutnya, investasi bursa efek syariah 100 persen halal, karena hal itu berdasarkan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 80 tentang sertifikasi indeks syariah Indonesia. Sebelumnya telah dilakukan klasifikasi antara bursa efek dan MUI soal saham yang termasuk syariah atau bukan.

"Kalau perusahaan minuman beralkohol dikategorikan haram, sehingga tak masuk indeks syariah. Selain itu ada perhitungan rasio tertentu pada transaksi yang menjadikan tak semua saham bisa masuk syariah," paparnya.

Dalam praktiknya, investasi di bursa efek syariah tak berbeda dengan transaksi di bursa saham. Investor harus memiliki kemampuan mengendalikan risiko transaksi agar dapat hasil yang lebih baik.

Direktur Utama PT Phitraco Securities, Jeffrey Hendrik ingin layanan ini dapat menumbuhkan pasar saham syariah. Menurutnya,transaksi saham yang dapat mengatur risiko untuk mendapatkan imbalan maksimal itu, bisa diikuti oleh seluruh masyarakat.

Rektor UII, Edy Suandi Hamid, berharap, galeri investasi ini menjadi wahana edukasi bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmunya di dunia investasi secara langsung. Menurutnya, dosen, karyawan, dan masyarakat luas yang berminat bisa memanfaatkannya.

"Produk investasi yang ditawarkan sudah sesuai dengan kriteria syariah menurut Dewan Syariah Nasional MUI," ungkapnya.

Peluncuran Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Syariah ditandai dengan penandatanganan MoU antara Dekan Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia Dadan Muttaqien dengan Direktur Utama PT Pintraco Securities Jeffrey Hendrik di Kampus UII Jalan Kaliurang KM 14,5 Yogyakarta. (wid)


Anda sedang membaca artikel tentang

UII Luncurkan Bursa Efek Syariah Pertama di Indonesia

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/09/uii-luncurkan-bursa-efek-syariah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

UII Luncurkan Bursa Efek Syariah Pertama di Indonesia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

UII Luncurkan Bursa Efek Syariah Pertama di Indonesia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger