Ribuan Warga Kota Magelang Belum Lakukan Rekam Data E-KTP

Written By Unknown on Selasa, 24 September 2013 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Muchamad Fatoni

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Pemerintah melalui Kementrian Dalam Negeri telah menetapkan batas akhir perekaman data untuk KTP Elektronik (E-KTP) ditetapkan pada bulan Desember mendatang. Namun hingga saat ini, ribuan warga Kota Magelang tercatat belum melakukan perekaman data untuk kartu identitas kependudukan tersebut.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Magelang, RM Andi Devanda, di kantornya, Senin (23/9/2013). Ia menuturkan, ribuan warga itupun terancam tak memiliki identitas.

"Dari data yang kami punya, memang tercatat total 3.300 warga yang sampai saat ini belum melakukan perekaman data untuk e-KTP," paparnya.

Data tersebut, lanjut Deva, berbeda dengan data Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah yang mencatat lebih dari 10 ribu warga Kota Magelang belum melakukan rekam data. Perbedaan data tersebut menurutnya terjadi lantaran sebagian besar warga tidak melakukan update kependudukan.

"Misalnya, masyarakat tidak mengurus kepindahan. Ada juga warga yang meninggal tapi tidak ada lapor. Makanya, ada selisih sekitar 7.000 orang dengan data Pemprov," katanya.

Mantan Kepala Diskoperindag ini juga mengatakan, selama ini sebenarnya pihaknya sudah gencar dalam memberikan sosialisasi terkait e-KTP. Hal itu dilakukan melalui perangkat seluruh kelurahan yang ada di Kota Magelang.

"Bahkan, mulai dari ketua RT dan ketua RW pun sudah kami harapkan mampu meneruskan sosialisasi ini. Tapi, sejauh ini warga masih terbilang pasif untuk mengurusnya (e-KTP, red)," ujar dia.

Deva menambahkan, sebagian besar warga yang belum melakukan perekaman adalah warga yang berusia lanjut. Pasalnya, kalangan lansia ini dinilai cenderung apatis soal identitas diri, termasuk KTP.

"Kemungkinan mereka tidak tahu pentingnya identitas ini. Tentunya saya tidak ingin mereka tidak punya identitas. Makanya, selain sosialisasi, kami juga menggencarkan sejumlah terobosan baru agar masyakarat mau segera melakukan rekam data," tandasnya. (ton)


Anda sedang membaca artikel tentang

Ribuan Warga Kota Magelang Belum Lakukan Rekam Data E-KTP

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/09/ribuan-warga-kota-magelang-belum.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ribuan Warga Kota Magelang Belum Lakukan Rekam Data E-KTP

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ribuan Warga Kota Magelang Belum Lakukan Rekam Data E-KTP

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger