DPT di Sleman Masih Akan Berubah

Written By Unknown on Senin, 30 September 2013 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Joko Widiyarso

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Menanggapi temuan ribuan Daftar pemilih tetap (DPT) bermasalah oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Sleman, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan terlebih dahulu mempelajari temuan tersebut.

Sebelumnya, ditemukan 2.678 DPT yang bermasalah, dan masih memungkinkan untuk terus bertambah.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Humas dan SDM KPU Sleman, Hazwan Iskandar Jaya membenarkan bahwa DPT yang ditetapkan pada 13 September lalu kemungkinan masih akan bisa berubah. Terlebih pihaknya juga telah melakukan pencermatan terhadap DPT.

"Laporan itu memang menjadi tugas panwaslu. Kami akan cermati. Kalau temuan itu akan mengubah DPT, bisa terjadi. Nanti akan kami sinergikan temuan tersebut sebelum menetukan perbaikan DPT pada 13 Oktober nanti," ujarnya kepada Tribun Jogja, Minggu (29/9/2013).

Pada temuan panwaslu, permasalahan nomor induk kependudukan (NIK) mendominasi permasalahan DPT hingga akhir September ini. Selain itu, masalah pemilih ganda dan pemilih tidak jelas juga cukup banyak dijumpai di Sleman.

"Kalau mengenai NIK, memang sistem kami belum bisa membaca semua pemilih karena masih dalam tahap transisi dari manual ke E-KPT. Kemungkinan memang ada yang belum terbaca oleh sistem. Sedangkan kalau yang meninggal dunia, kami mendata pemilih pada Mei lalu," jelasnya.

KPU masih memiliki waktu sekitar dua minggu untuk memperbaiki DPT yang masih bermasalah. Rencananya, pada 13 Oktober mendatang, KPU akan menetapkan kembali DPT, setelah menerima laporan panwaslu soal DTP yang bermasalah.

Dari 2.678 permasalahan sementara yang ditemukan panwaslu, 1.444 di antaranya pemilih tanpa NIK, pemilih bernama ganda sebanyak 465, pemilih tidak jelas identitasnya tapi terdaftar sebanyak 425, pemilih yang telah meninggal dunia sebanyak 168. Dan pemilih dengan nama ganda sebanyak 111 orang, serta permasalahan lain. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

DPT di Sleman Masih Akan Berubah

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/09/dpt-di-sleman-masih-akan-berubah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

DPT di Sleman Masih Akan Berubah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

DPT di Sleman Masih Akan Berubah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger