30 Ribu Pelajar Bantul Serentak Gelar Pesta Demokrasi Pilih Ketua OSIS

Written By Unknown on Rabu, 25 September 2013 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, M Nur Huda

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Sekitar 30 ribu pelajar dari 90 sekolah SMA sederajat di Kabupaten Bantul menggelar pesta demokrasi Pemilihan Umum Ketua Osis (Pemilos) hari ini, Rabu (25/9/2013). Secara serentak, pesta demokrasi bagi pemilih pemula ini menjadi ajang pelatihan sistem demokrasi.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul, Budi Wiryawan, mengatakan, kegiatan Pemilos ini merupakan tahun kedua penyelenggaraan di Bantul.

"Para siswa melakukan hak politiknya dalam memilih Ketua Osis. Pemilos sangat efektif untuk mengenalkan program-program Pemilu pada pemilih pemula," katanya saat meninjau pelaksanaan Pemilos di SMK Negeri 1 Bantul.

Ia mengatakan, sampai saat ini pelaksanaan Pemilos masih didampingi secara penuh oleh KPU Bantul, akan tetapi tahun berikutnya akan dilaksanakan secara mandiri. KPU hanya menyiapkan stimulan berupa kotak suara dan bilik suara, sedangkan logistik lainnya disiapkan sendiri oleh pihak sekolah.

"Kalau sekarang kan masih menggunakan APBD melalui Kesbangpol. Tahun 2014 mendatang penyelenggaraan Pemilos sudah disediakan anggaran sebesar Rp 200 juta," katanya.

Ia menambahkan, meskipun Pemilos berlangsung, namun kegiatan belajar mengajar tetap berjalan.

Komisioner KPU RI, Sigit Pamungkas, yang juga ikut meninjau pelaksanaan Pemilos di SMK Negeri 1 Bantul, mengungkapkan, setiap pelaksanaan Pemilu selalu mengalami tren penurunan partisipasi pemilih.

Pada tahun 2004 hingga 2009 ada penurunan hingga 10 persen. Sehingga KPU RI menargetkan pada penyelenggaraan Pemilu 2014 mendatang partisipasi pemilih ditargetkan mampu mencapai 60 persen lebih.

"Partisipasi menurun karena tidak puas dengan kinerja lembaga pemerintah. Maka perlu diimbangi kualitas kinerja lembaga demokrasi itu, kalau ga bagus ya upaya kita sia-sia," katanya.

Menurutnya, Pemilos ini merupakan wadah yang efektif untuk membangkitkan minat partisipasi pemilih. Selain itu juga dapat mengajarkan cara pesta demokrasi yang jujur dan anti politik uang pada pemilih pemula.

"Pemilos ini adalah laboratorium pelatihan yang perlu disebar luaskan ke berbagai daerah, karena ini mengajarkan cara pelaksanaan penyelenggaraan demokrasi yang sebenarnya," katanya.(TRIBUNJOGJA.COM)


Anda sedang membaca artikel tentang

30 Ribu Pelajar Bantul Serentak Gelar Pesta Demokrasi Pilih Ketua OSIS

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/09/30-ribu-pelajar-bantul-serentak-gelar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

30 Ribu Pelajar Bantul Serentak Gelar Pesta Demokrasi Pilih Ketua OSIS

namun jangan lupa untuk meletakkan link

30 Ribu Pelajar Bantul Serentak Gelar Pesta Demokrasi Pilih Ketua OSIS

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger