Pengiriman Paket Pos Meningkat Selama Ramadan

Written By Unknown on Sabtu, 20 Juli 2013 | 11.22

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pengiriman dokumen dan barang via Kantor Pos Yogyakarta selama Ramadan, tumbuh 20 persen. Jenis layanan  yang mengalami transaksi terbanyak yakni jenis layanan kilat khusus.

"Tren hingga minggu ke dua ini mulai ramai. Pertumbuhannya mencapai 20 persen dibanding sebelum Ramadan," jelas Manajer Supervisi Pelayanan Pelanggan  Kantor Pos Yogyakarta, M.P Simatupang di kantornya, Jumat (19/7).

Menurut dia, untuk pengiriman domestik per 1 Juli hingga 18 Juli 2013  kemarin paling banyak layanan  pos expres jenis untuk pengiriman surat/dokumen dan pengiriman barang. Tercatat hingga 18 Juli kemarin, jumlah transaksi surat kilat khusus sebanyak 61.171 pengiriman dengan nominal Rp 842.598.110. Pada triwulan dua sebelumnya rata-rata pengiriman surat kilat khusus sebanyak 113.000 transaksi.

Jenis layanan pos expres dokumen tercatat sebanyak 13.763 pengiriman dengan nominal Rp 190.771.470. Pengiriman pos ekspres barang sebanyak 1.988 transaksi dengan nominal Rp 73.687.305. Tiga bulan sebelumnya rata-rata per bulannya hanya sekitar 2.600 transaksi. "Untuk paket kilat khusus tercatat sebanyak 3.492 transaksi, nominalnya Rp 459.800.340 dan paket pos sebanyak 5.959 dengan total transaski Rp 566.675.817," papar Simatupang.

Khusus pengiriman barang, katanya,  tujuan pengiriman rata-rata ke seluruh kota di Indonesia. Penaikan pengiriman barang, katanya juga dipicu banyak wisatawan yang belanja keperluan Lebaran di Yogya dan dikirim via jasa PT Pos ke kota asal.

"Pengiriman ke luar negeri juga cukup meningkat khususnya pengriman barang ke negara-negara Asia seperti China, Singapura. Kalau ke Eropa rata-rata air saja, biasanya kiriman ke Eropa ramai saat natal," imbuhnya.

Menurut dia, jika melihat tren pertumbuhan pengiriman barang, berarti jasa pengiriman via Kantor Pos masih diminati. "Masyarakat melihat dari sisi biaya, waktu tempuh dan jaringan yang luas Kantor Pos bisa bersaing dengan jasa pengiriman lain," ucapnya.

Simatupang memprediksi, pengiriman baik dokumen maupun barang akan memasuki puncaknya pada H-7 jelang Lebarang. "Trennya H-7 peningkatan pengiriman memasuki puncak," katanya.

Khusus untuk pengiriman uang dari luar negeri (remitansi) Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke Yogyakarta, kata dia tidak begitu banyak. "Mungkin karena TKI dari Yogya tidak banyak. Pengiriman uang dari luar jarang," imbuhnya. (evn)


Anda sedang membaca artikel tentang

Pengiriman Paket Pos Meningkat Selama Ramadan

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/07/pengiriman-paket-pos-meningkat-selama.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pengiriman Paket Pos Meningkat Selama Ramadan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pengiriman Paket Pos Meningkat Selama Ramadan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger