Pemkab Gunungkidul Siapkan 665 Armada untuk Angkut Pemudik

Written By Unknown on Sabtu, 20 Juli 2013 | 11.22

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Menghadapi arus mudik lebaran 2013, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika(Dishubkoninfo) Gunungkidul menyiapkan 665 armada untuk mengangkut pemudik.

Kendaraan-kendaraan yang disiapkan tersebut terdiri dari 150 kendaraan angkutan antar kota antar provinsi(AKAP), 75 kendaraan antar kota dalam provinsi(AKDP),angkutan kota 40 unit dan angkutan pedesaan 400 unit.

Kepala Dishubkominfo Gunungkidul, Purnama Jaya mengungkapkan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pengusaha angkutan untuk persiapan angkutan lebaran. Masing-masing pengusaha sudah mulai mempersiapkan kendaraan untuk mengangkut pemudik yang akan pulang kampung ke Gunungkidul.

"Saya jamin tidak ada penumpang yang terlantar. Kita sudah koordinasi dengan masing-masing PO(perusahaan otobis),"ucapnya, Jumat(19/7/2013).

Selain menyiapkan bus reguler, kata Purnama, perusahaan otobus juga sudah menyiapkan bus cadangan. Namun saat ini berapa jumlah bus cadangan yang sudah disiapkan oleh masing-masing perusahaan angkutan belum diketahui.

"Kendaraan cadangan yang disediakan oleh perusahaan angkutan laik jalan,"urainya.

Pengawas perusahaan bus PTO Rosalia Indah, Budiyono mengungkapkan pihaknya siap untuk melayani pemudik yang hendak pulang ke Gunungkidul. Selama ramadan dan lebaran mendatang, disiapkan 18 bus reguler dan 2 bus cadangan.

"Bus dari Gunungkidul ada 9 unit dan dari Jakarta dan sekitarnya ada 9 bus. Kita juga siapkan dua unit bus cadangan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik,"ucapnya.

Pemudik Menurun

Jumlah perantau asal Gunungkidul yang pulang kampung pada lebaran mendatang diperkirakan mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Tren jumlah pemudik ke wilayah Gunungkidul dalam lima tahun terakhir selalu  mengalami penurunan.

"Kemungkinan tahun ini mengalami penurunan sekitar 14-15 persen,"kata Purnama jaya.

Penyebab penurunan jumlah pemudik ini menurut Purnama Jaya dipengaruhi oleh kesadaran warga perantau bahwa pulang kampung tidak harus dilaksanakan pada idul fitri. Mudik pada saat idul fitri ini selalu diwarnai kemacetan panjang. Biaya yang diperlukan untuk mudik saat lebaran juga lebih besar dibandingkan mudik pada hari-hari biasa.

Selain itu, warga perantau asal Gunungkidul juga sudah banyak yang pulang kampung saat daerahnya melaksanakan perayaan bersih desa atau rasulan. Akibatnya, para perantau tidak pulang kampung saat lebaran.(has)


Anda sedang membaca artikel tentang

Pemkab Gunungkidul Siapkan 665 Armada untuk Angkut Pemudik

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/07/pemkab-gunungkidul-siapkan-665-armada.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pemkab Gunungkidul Siapkan 665 Armada untuk Angkut Pemudik

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pemkab Gunungkidul Siapkan 665 Armada untuk Angkut Pemudik

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger