Lapas Kota Binjai Nyaris Ricuh

Written By Unknown on Minggu, 28 Juli 2013 | 11.22

Lapas Kota Binjai Nyaris Ricuh

TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI

Sejumlah petugas keamanan berjaga-jaga di depan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara yang terbakar akibat kerusuhan, Kamis (11/7/2013) malam. Kerusuhan di Lapas Tanjung Gusta yang dipicu listrik padam serta matinya air PDAM itu menyebabkan kaburnya para napi di penjara tersebut. 

TRIBUNJOGJA.COM, BINJAI - Belum genap sebulan kerusuhan di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Tanjung Gusta, kali ini kerusuhan serupa nyaris terjadi di Lapas Klas II Kota Binjai, Sabtu (27/7/2013).

Menurut informasi yang diterima dari warga Binaan Lapas Klas II Binjai yang minta namanya dirahasiakan, kerusuhan tersebut terjadi saat menjelang sahur.

Saat itu, warga binaan protes dengan membuat kegaduhan. Penyebabnya tidak adanya pasokan makanan untuk warga binaan berapa hari ini. Akibatnya juga, ia dan rekan-rekan warga binaan yang muslim telat untuk sahur.

Selain itu warga binaan yang nonmuslim juga terkadang tak makanan karena pasokan habis. "Pokoknya berapa hari ini, kami sulit dapatkan makan sesuai jadwal selama puasa ini. Tiga hari lah sudah kejadian," ungkap tahanan kasus narkoba ini.

Kapolres Binjai mendapat kabar bahwa di Lapas Binjai dinihari nyaris ada kericuhan. Ia pun menyambangi Lapas yang terletak di Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Bandar Sinembah, Binjai Barat tersebut untuk memantau perkembangan.

Kapolres Binjai, AKBP Musa Tampubolon tak bersedia memberikan banyak komentar. Ia meminta awak media untuk bertanya langsung ke Kalapas. Kedatangannya hanya untuk melakukan pengecekan atau memantau situasi di Lapas Binjai agar tragedi seperti Lapas Klas I Tanjung Gusta Medan tak terulang.

Kalapas Binjai Bambang Basuki SH membantah adanya protes dari para napi itu. "Kalau Makan sulitkan karena ini bulan puasa, dan lagian makan pun tepat jadwal," ujar Kalapas Binjai tersebut.

Sebelumnya Imanuel Ginting, Kasi Registrasi Lapas Klas II Binjai, Rabu (17/7/2013) di ruang kerjanya mengatakan, kapasitas Lapas Klas II Binjai sudah over kapasitas dengan persentase mencapai 320 persen. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Lapas Kota Binjai Nyaris Ricuh

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/07/lapas-kota-binjai-nyaris-ricuh.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Lapas Kota Binjai Nyaris Ricuh

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Lapas Kota Binjai Nyaris Ricuh

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger