Hindari Makan Gorengan Saat Puasa

Written By Unknown on Minggu, 14 Juli 2013 | 11.22

TRIBUNJOGJA.COM - Tubuh yang lemas sering dirasakan bagi mereka yang menjalankan puasa. Rasa lemas ini juga berpengaruh terhadap makanan yang dikonsumsi saat sahur. Sehingga ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari agar tubuh tak cepat lemas.

Menurut dr Phaidon Toruan, corporate health trainer, rasa lemas saat berpuasa merupakan efek berkurangnya karbohidrat akibat jumlah asupan makanan yang berkurang. Akibatnya gula darah cenderung menjadi lebih rendah dan tubuh terasa tidak berenergi.

Penyebab lain adalah berkurangnya masukan cairan saat puasa. Hilangnya cairan akan perlahan membuat tubuh terasa lebih lemas. Untuk menghindari lemas, Phaidon memberikan jenis asupan yang sebaiknya dihindari dan ditambah ketika berpuasa.

Pemanis sintesis adalah kandungan yang harus benar-benar dihindari selama berpuasa. Bahan ini biasanya terdapat di sirup, gula, roti, dan tepung. Pemanis ini menyebabkankan gula darah berfluktuasi. Setelah mengonsumsi pemanis buatan, gula darah cepat naik tapi juga menurun dalam waktu singkat.

Akibatnya, energi lekas menghilang dan rasa lemas datang. Phaidon menyarankan konsumsi gula alami seperti gula aren dan stevia yang meningkatkan gula darah dalam waktu lama. "Sebaiknya pakai pemanis dari bahan alami. Tapi hati-hati bagi penderita diabetes," katanya.

Makanan yang harus dihindari lainnya adalah gorengan. Gorengan sejatinya adalah makanan yang menjadi musuh bagi mereka yang berpuasa. "Gorengan ini yang menyebabkan kita ngantuk dan lemas saat puasa," kata dokter yang aktif di twitter dengan akun @dr_Phaidon ini.

Kenapa bisa demikian?. Menurutnya, gorengan mengikat oksigen dalam tubuh hingga 20 persen sehingga tubuh kekurangan oksigen dan lemas sepanjang hari. Akibatnya bila mengkonsumsi terlalu banyak, tubuh akan mudah lemas dan perlahan muncul rasa kantuk. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Hindari Makan Gorengan Saat Puasa

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/07/hindari-makan-gorengan-saat-puasa.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Hindari Makan Gorengan Saat Puasa

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Hindari Makan Gorengan Saat Puasa

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger