Etos Kerja Transmigran Muslim Sangat Tinggi

Written By Unknown on Senin, 24 Juni 2013 | 11.22

             YOGYA, TRIBUN - Drs H Abdul Qodir, M. Pd., (57 tahun) mengatakan, salah satu program Pemerintah RI untuk menyeimbangkan kepadatan penduduk di seluruh wilayah Tanah Air dan untuk memeratakan tingkat kesejahteraan warga negara Indonesia adalah melalui program transmigrasi ke pulau-pulau luar Jawa. Salah satunya adalah di Wilayah Pangkoh, Kabupaten Pulang Pisau, Propinsi Kalimantan Tengah. Transmigran Muslim di wilayah ini berhasil melakukan mobilitas sosial secara mencengangkan, baik mobilitas pendidikan maupun ekonomi. Ditengarai para transmigram Muslim ini memiliki etos kerja yang sangat tinggi, yang berasal dari pemahaman mereka terhadap nilai-nilai ajaran Islam, khususnya hadis Nabi yang memerintahkan umat Islam untuk bekerja keras dan giat menuntut ilmu. 

            Dengan pemahaman terhadap kerja dan ilmu dalam arti luas, yakni ilmu yang bermanfaat bagi kehidupan dan kebahagiaan dunia dan akherat, ternyata mampu menumbuhkan etos transmigram menjadi sangat tinggi. Mereka mampu menghadapi tantangan eksternal, seperti letak geografis yang sulit dan minimnya dana. Mereka memiliki tekat bulat dan need for achievement tinggi dalam bekerja dengan diimbangi sifat-sifat : bersemangat, hemat, sederhana, tabah, ulet, antusias, sangat bergairah menuntut ilmu dan bekerja. Sifat-sifat tersebut juga ternyata berimbas pada keseimbangan kesehatan jasmani dan rohani mereka.

            Menurut Dosen STAIN Palangkaraya ini, temuan di atas diperoleh setelah pihaknya melakukan riset terhadap etos kerja para transmigram Muslim. Hasil riset putra kelahiran Banjarnegara ini dirangkum menjadi karya disertasi untuk meraih gelar doktor bidang Ilmu Agama Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dengan mengangkat judul "Etos Pendidikan dan Kesejahteraan  Transmigram Muslim (Studi di Pemukiman Transmigran Pangkoh, Kabupaten Pulang Pisau, Propinsi Kalimantan Tengah)". 

            Disertasi dipertahankan di di Convention Hall, kampus setempat, Sabtu, 22 Juni 2013. Di hadapan promotor  dan tim penguji yakni Dr. Karwadi, MA., Prof. Dr. H. Hamruni, M. Si., Ro'fah, M.Pd., Drs. Lathiful Khuluq, MA., BSW., Ph.D., Prof. Dr. H. Kamrani Buseri., MA., (promotor merangkap penguji), Prof. Dr. H. Djam'annuri, MA., (promotor merangkap penguji), promovendus memaparkan, masih banyak etos para transmigran yang bisa ditauladani seluruh warga negara Indonesia, sehingga bisa memberikan sumbangsih bagi kemajuan negri ini, memacu kesejahteraan secara merata tanpa harus selalu menggantungkan fasilitas dari pemerintah.  Etos tersebut diantaranya: psikis yang kuat, keinginan untuk merubah hidup yang lebih baik, berjuang keras mengatasi hambatan, suka memberi pelayanan kepada orang lain, jujur, disiplin, bertanggungjawab dan mandiri.

            Jika dihubungkan dengan tujuan pemerintah menggalakkan program transmigrasi, etos kerja yang di miliki seluruh transmigranlah yang berpengaruh besar terhadap keberhasilan program pemerintah ini. "Sementara, perubahan yang telah dihasilkan para transmigran antara lain  peningkatan kesejahteraan para transmigran, lebih luasnya pemahaman tentang ilmu para transmigran dan naiknya tingkat pendidikan putra-putri transmigram, meningkatnya kreatifitas dan peluang usaha," katanya.

            Dari segi sosiologis, kuatnya sistem sosial, sistem keluarga karena merasa senasib sepenanggungan menjadikan mereka kompak, saling membantu, hidup rukun, tenggang rasa, memelihara silaturahmi. Didukung peran pemerintah melalui program-programnya, menjadikan mereka beretos tinggi, dan berpengaruh pula bagi anak-anak transmigram untuk menuntut ilmu sampai tinggi dan setelah berhasil, pulang lagi ke wilayah mereka untuk melanjutkan perjuangan orang tua mereka.  Sementara dari sisi akademik, etos para transmigran Muslim telah membuktikan teori mobilitas sosial vertikal. "Karena para transmigran Muslim ini telah terbukti melakukan mobilitas sosial intragenerasi dan vertikal antar generasi melalui saluran pendidikan dan saluran proses ekonomi," kata bapak 2 putra dari istri Hj. Nurdjanah, S. Ag. ini. (bm)


Anda sedang membaca artikel tentang

Etos Kerja Transmigran Muslim Sangat Tinggi

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/06/etos-kerja-transmigran-muslim-sangat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Etos Kerja Transmigran Muslim Sangat Tinggi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Etos Kerja Transmigran Muslim Sangat Tinggi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger