Duh..Harga Pisang Juga Naik

Written By Unknown on Senin, 18 Maret 2013 | 11.22

TRIBUNJOGJA.COM, CIAMIS - Harga bawang merah dan bawang putih belum juga turun, kini giliran harga beberapa jenis pisang yang beranjak naik. Dalam dua minggu terakhir ini harga pisang siem (cau bodas) naik dari Rp 2.200 menjadi Rp 3.000 per kg dan pisang ambon naik dari Rp 1.800 menjadi Rp 3.000 per kg. Kenaikan paling tinggi adalah pisang kapas yang biasanya hanya Rp 2.800 per kg naik jadi Rp 4.500 sampai Rp 5.000 per kg.

Ketiga jenis pisang itu biasa digunakan sebagai bahan baku pembuatan keripik dan sale. Khusus pisang kapas merupakan jenis yang paling favorit untuk diolah jadi sale dan keripik pisang. Naiknya harga pisang ini membuat para perajin sale dan keripik pisang di Ciamis kelimpungan.

"Rata-rata berbagai jenis pisang tersebut naik sekitar 30 persen. Bahkan pisang kapas naiknya hampir dua kali lipat. Baru sekarang harga pisang kapas sampai Rp 5.000 sekilo," ujar H Tarwa Hadi, pengusaha sale dan keripik pisang, kepada Tribun, Minggu (17/3/2013).

Kenaikan harga pisang ini, kata Tarwa, terjadi akibat kemarau panjang yang kemudian disambut musim hujan sehingga produksi dan kualitas buah pisang hasil panen kurang bagus. Produksi buah pisang juga banyak yang gagal lantaran serangan ulat, serta banyak pohon pisang yang roboh disapu angin kencang akhir-akhir ini. "Kondisi inilah yang membuat harga pisang mentah naik baik di tingkat petani maupun di pasar," katanya.

Tiap minggu usaha pengolahan sale dan keripik pisang yang dikelola Tarwa membutuhkan delapan ton pisang terutama pisang kapas, siem, dan ambon dari kualitas terpilih. "Tak hanya pisang, harga tepung beras juga naik. Cuma harga minyak goreng saja yang masih stabil, ada di kisaran Rp 8.000 sampai Rp 8.500 per kg," ujar Tarwa, yang memiliki 50 karyawan dan 10 tungku.

Menurut Tarwa, dua tahun lalu selain sale dan keripik, ia juga memproduksi bawang goreng. Tetapi kemudian produksinya dihentikan karena lebih kosentrasi pada sale dan keripik pisang. "Bila sekarang harga bawang merah meroket tak terkendali, kami tidak begitu merasakan dampaknya," katanya. (Tribun Jabar/sta)


Anda sedang membaca artikel tentang

Duh..Harga Pisang Juga Naik

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/03/duhharga-pisang-juga-naik.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Duh..Harga Pisang Juga Naik

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Duh..Harga Pisang Juga Naik

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger