Sensasi Gurih dan Segar Sup Perut Ikan Hiu

Written By Unknown on Minggu, 06 Januari 2013 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Theresia T. Andayani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA

- Ada menu baru di Restoran Sagan Resto di awal tahun 2013 ini, yakni Sup Ikan Perut, cumi panggang, nasi goreng vietnam dan ayam goreng sereh.

Ikon masakan seafood dan ikan kerapu tentu saja masih ada dan menjadi unggulan. Hanya saja, resto ini menambahkan beberapa item menu masakan sepsial setiap bulannya.

Devi Florianto, Chef Sagan Resto, meramu bumbu-bumbu khusus untuk membuat masakan menjadi lezat. Kali ini menu yang disajikan adalah menu-manu Asia, seperti dari Vietnam, Chinese Food dan juga masakan khas Indonesia.

"Kami ingin menyajikan sensasi yang berbeda untuk para tamu. Jadi akan lebih banyak pilihan menu," ucap Chef Devi kepada Tribun Jogja.

Kali ini menu yang disajikan adalah Sup Perut Ikan Hiu, masakan ini sering disajikan sebagai sup istimewa di resto Cina. Menurut Chef Devi, perut ikan dikenal dengan sebutan hipio. Merupakan bagian lambung tau perut yang dikeringkan. Ada dua jenis. Ada yang berbentuk pipa bulat berujung runcing dan kering sangat ringan. Ada juga yang dibelah belebar lalu dikeringkan dan digoreng. Yang ini mirip dengan rambak atau kulit sapi.

"Harganya cukup mahal, tapi kami sudah beli yang kemasan ada di pasar swalayan besar atau toko bahan makanan Cina," ucapnya.

Membuat sup perut ikan hiu, sebetulnya sama seperti sup pada umumnya. Hanya ada beberapa bumbu rempah yang ditambahkan seperti jahe, bawang putih, lada, dan garam. Untuk isian supnya disini pakai dua jenis jamur yakni jamur kancing dan jamur kuping. Ditambahkan pula dengan sayuran seperti kembang kol, daun bawang, dan seledri.

"Rasanya gurih dan segar, cocok disajikan untuk makan siang dan makan malam," ucapnya. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Sensasi Gurih dan Segar Sup Perut Ikan Hiu

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/01/sensasi-gurih-dan-segar-sup-perut-ikan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sensasi Gurih dan Segar Sup Perut Ikan Hiu

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sensasi Gurih dan Segar Sup Perut Ikan Hiu

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger