Dispertan Klaten Cegah Penyebaran Avian Influenza

Written By Unknown on Jumat, 04 Januari 2013 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Obed Doni Ardiyanto

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN

- Dinas Pertanian (Dispertan) Klaten melakukan penyemprotan disinfektan Avian Influenza (AIN) di lokasi yang peternakan itik di Dukuh Brongkol, Desa Jatipuro, Kecamatan Trucuk, Jumat (4/1/2012). Penyemprotan tersebut guna mengantisipasi penyebaran virus flu burung pada sekitar 400 itik yang telah dipastikan ada di dukuh setempat.

"Tindakan ini merupakan pencegahan supaya tidak menyebar. Kami tidak hanya menyemprot kandang itik yang terkena flu burung tapi juga ternak-ternak itik yang ada di sekitarnya. Penyemprotan ini dilakukan setelah ada rapid tes (uji cepat) terhadap itik yang mati dengan ciri-ciri awal mirip gejala flu burung di dukuh ini ," tutur Kabid Peternakan Dispertan Klaten, Sri Muryani, Jumat (4/1/2012).

Muryani juga mengimbau masyarakat dan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) bidang peternakan yang ada di kecamatan, agar aktif menginformasikan dan mencari jika ada peternakan unggas yang mengalami kematian mendadak. Jika mendapati kasus yang sama, mereka diminta untuk segera melaporka ke Dispertan.

"Cirinya mata terlihat buram, aktivtasnya kurang, dan kepalanya lemas. Jadi jika ada tanda-tanda seperti itu langsung dipisahkan dengan yang sehat. Kemudian segera dilaporkan ke PPL. PPL juga harus aktif meninjau lokasi peternakan diwilayahnya," tambahnya.

Tim penyemprotan dari Dispertan Klaten berangkat dari kantornya sekitar pukul 09.30 WIB. Dengan menggunakan dua buah mobil, tim langsung menuju lokasi penyemprotan. Mereka telah membawa peralatan untuk melakukan penyemprotan beserta disinfektan yang dibutuhkan. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Dispertan Klaten Cegah Penyebaran Avian Influenza

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/01/dispertan-klaten-cegah-penyebaran-avian.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dispertan Klaten Cegah Penyebaran Avian Influenza

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dispertan Klaten Cegah Penyebaran Avian Influenza

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger