Sarwo Edhie Wibowo Diusulkan Dapat Gelar Pahlawan Nasional

Written By Unknown on Selasa, 20 November 2012 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rento Ari Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM, PURWOREJO

- Sebagai bagian proses pengajuan gelar pahlawan nasional untuk Jend TNI (Purn) Sarwo Edhie Wibowo, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo menggelar seminar kepahlawanan, Selasa (20/11/2012). Bertempat di Pendopo Agung Purworejo, acara ini diikuti oleh berbagai komponen masyarakat.

Dalam sambutannya Bupati Purworejo Drs H Mahsun Zain MAg menyatakan, seminar ini merupakan satu tahapan yang harus dilewati dalam upaya untuk mengusulkan seorang putra terbaik Kabupaten Purworejo yakni Jenderal (Purn) Sarwo Edhie Wibowo sebagai pahlawan nasional.

"Seperti diketahui bersama, beberapa waktu lalu sejumlah komponen masyarakat yang tergabung dalam berbagai organisasi kemasyarakatan (ormas) menyampaikan surat kepada Bupati Purworejo. Isinya minta agar saya segera mengusulkan Jenderal (Purnawirawan) Sarwo Edhie Wibowo, untuk mendapat penghargaan tanda jasa sebagai pahlawan nasional ke pemerintah pusat," jelas Bupati.

Ia memaparkan, elemen masyarakat tersebut diantaranya tergabung dalam komunitas Anti Monopoli Produk Barang dan Jasa, LSM Formatur (Forum Masyarakat untuk Regenerasi), K3S (Kelompok Kerja Kepala Sekolah ) SD, FKWB (Forum Komunikasi Wiyata Bakti), FKSD (Forum Komunikasi Sekretaris Desa), BMP (Badan Musyarwarah Perguruan Swasta), Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor dan ormas lainnya. Dalam suratnya tersebut, mereka menilai bahwa Jenderal Sarwo Edhie Wibowo merupakan seorang putra terbaik bangsa. Karena itu ia dinilai pantas mendapat gelar sebagai pahlawan nasional, karena prestasi, dedikasi, pengabdiannya dan jasa-jasanya.

Berbagai alasan disampaikan dalam surat tersebut. Diantaranya, Sarwo Edi Wibowo berperan besar dalam penupasan pemberontak Gerakan 30 Sepetmber oleh Partai Komunis Indonesia (G 30 S/ PKI). Selain itu juga ikut andil dam pendirian pasukan elit TNI AD, yaitu Batalyon Resimen Komando Angkatan Darat/ RPKAD (kini menjadi Kopasus). Ikut berperan dalam melestarikan Pancasila sebagai dasar negara dan implementasinya dalam berbangsa dan bernegara, sewaktu menjabat sebagai Kepala BP 7 pusat. Sarwo Edhie juga ikut berperan dalam proses penentuan pendapat rakyat (Pepera) Papua Barat. Pepera tersebut yang akhirya berhasil mempertahankan Papua Barat (kini menjadi Propinsi Papua) dipangkuan ibu pertiwi.(*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Sarwo Edhie Wibowo Diusulkan Dapat Gelar Pahlawan Nasional

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2012/11/sarwo-edhie-wibowo-diusulkan-dapat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sarwo Edhie Wibowo Diusulkan Dapat Gelar Pahlawan Nasional

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sarwo Edhie Wibowo Diusulkan Dapat Gelar Pahlawan Nasional

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger