Bakorkamal Bagikan Pelampung Gratis untuk Nelayan Tegal dan Pekalongan

Written By Unknown on Sabtu, 10 November 2012 | 11.22

Tribun Jogja - Sabtu, 10 November 2012 10:45 WIB

Laporan Reporter Tribun Jogja, Bakti Buwono

TRIBUNJOGJA.COM, TEGAL

- Keselamatan menjadi faktor terpenting nelayan tradisional saat mencari nafkah di tengah laut. Hal itu menjadi perhatian Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamal) Republik Indonesia. Satu di antaranya adalah perlunya keasadaran memakai life jacket (baju pelampung) saat berlayar.

Untuk itulah Bakorkamla menyediakan 3.000 life jacket  tahun ini untuk dibagikan ke nelayan tradisional serta mengadakan sosialisasi pentingnya life jacket. Daerah-daerah yang menjadi tujuan sosialisasi adalah kota Tegal dan kota Pekalongan.

"Apalagi jika musim barat seperti saat ini gelombang besar, dan cuaca kurang bersahabat. Mereka  (nelayan tradisional) kan tetap harus mencari nafkah," kata Staf Ahli Bidang Search And Rescue (SAR) Bakorkamal Nus Sunadi (38) di kantor  Satuan Kerja dan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan  (Satker PSDKP) di Jalan Blanak no.10A Tegalsari, Tegal, Sabtu (10/11/2012).

Rencananya, Bakorkamla akan membagikan 300 life jacket di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Muara Reja dan 100 pelampung di Kota Pekalongan. Para nelayan tradisional akan diajari memakai pelampung hingga ada pengujian daya apung pelampung ciptaan Bakorkamla dengan pemberat 15 kilogram.

Kepala Satker PSDKP  Puji Wahono menyambut baik pemberian bantuan untuk nelayan tradisional. Selama ini, ia menyaksikan nelayan tradisional hanya bekerja seadanya. Bahkan, terkadang ada yang hanya membawa ban bekas yang sudah ketinggalan.

"Kalau di Tegal hingga Pemalang saat ini ada di sekitar 320 nelayan," katanya. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Bakorkamal Bagikan Pelampung Gratis untuk Nelayan Tegal dan Pekalongan

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2012/11/bakorkamal-bagikan-pelampung-gratis.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bakorkamal Bagikan Pelampung Gratis untuk Nelayan Tegal dan Pekalongan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bakorkamal Bagikan Pelampung Gratis untuk Nelayan Tegal dan Pekalongan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger