Ini Film yang Diputar di Konferensi

Written By Unknown on Rabu, 24 Oktober 2012 | 11.22

Tribun Jogja - Rabu, 24 Oktober 2012 10:31 WIB

Laporan Reporter Tribun Jogja, Mona Kriesdinar

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL

– Sebagai bagian ajang 5th Asian Ministerial Conference on Disaster Risk Reduction (AMCDRR) yang berlangsung di Jogja Expo Center (JEC), panitia mengadakan kompetisi film yang bertema pengurangan risiko bencana dari berbagai  negara peserta konferensi.

Setidaknya, ada 11 judul film yang dikompetisikan, di mana nantinya akan dievaluasi oleh juri. Dari 11 kontestan, juri bakal memilih tiga nominasi, yang selanjutnya akan dipilih satu pemenang dan diumumkan saat penutupan konferensi, Kamis (25/10/2012) besok.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Media Center AMCDRR, ke-11 film tersebut adalah:

Kategori Pengurangan Resiko Bencana / Disaster Risk Reduction :

1.    Takbir Gempa (BNPB/Indonesia), berkisah tentang bencana gempa dan tsunami yang menerjang kawasan Aceh dan Nias pada 2004 silam.
2.    A Time for Action (IFRC/Malaysia), berkisah tentang pentingnya kordinasi antara komunitas, kalangan swasta, pemerintah, akademisi serta berbagai pihak dalam upaya pengurangan risiko bencana.
3.    Toward Resilience – Story of Climate Change Frontier (CDMP/Bangladesh), berkisah tentang upaya pemerintah Bangladesh dalam rangka mengantisipasi dampak pemanasan global melalui strategi penguatan hubungan antaran komunitas, pemerintah dan LSM.
4.    Special Task Call (Chongqing Xianghong Film & TV ltd/China), berkisah tentang upaya pemerintahan China dalam rangka pengurangan risiko bencana bagi anak-anak melalui berbagai media semisal kartun dan sosialisasi informasi kebencanaan.

Kategori Feature

1.    Kazol on the Flood (CMB/Bangladesh), berkisah tentang seorang difabel bernama Kazol Rekha yang menjadi aktivitis dalam pengurangan resiko bencana bagi kalangan difabel.
2.    Cerita Sahabat (WVI/Indonesia), berkisah tentang dua orang anak yang sempat menjadi korban gempa dan tsunami di Aceh dan Nias. Keduanya memperoleh manfaat dari program sekolah aman yang menambah pengetahuan mereka tentang kebencanaan terutama gempa bumi.
3.    Do You Hear Me (TVE Asia Pacific/Sri Lanka), bercerita tentang bagaimana teknologi komunikasi memiliki peran penting ketika terjadi bencana.

Kategori Investigasi

1.    Krakatau Sang Legenda (BNPB/Indonesia), mengisahkan kejadian meletusnya Gunung Krakatau pada Agustus 1883, yang menimbulkan tsunami yang tercatat sebagai bencana paling merusak di dunia.
2.    Memories of a Summer Day 2012 (NEMA/Korea), berkisah tentang bencana angin topan yang melanda kawasan Korea. Film ini menitikberatkan kepada bagaimana upaya pemerintahan setempat dalam meminimalisir risiko bencana angin topan yang terkadang sulit diprediksi kedatangannya.
3.    A Home of One's Own (Global Facility for Disaster Reduction and Recovery/India), bercerita tentang upaya pembangunan rumah bagi 100 ribu kepala keluarga korban banjir bandang di Bihar, India.
4.    Durjorge Durjory: The Invicible Bangladesh A history of Disaster Management in Bangladesh (CDMP, DMRD, Ministry of Food & Disaster Management/Bangladesh), mengisahkan tentang upaya pemerintahan Bangladesh dalam rangka menghadapi ancaman bencana banjir.

(TRIBUNJOGJA.COM)


Anda sedang membaca artikel tentang

Ini Film yang Diputar di Konferensi

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2012/10/ini-film-yang-diputar-di-konferensi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ini Film yang Diputar di Konferensi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ini Film yang Diputar di Konferensi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger