Guru SMA Sanden Kembangkan Font Aksara Jawa di Android

Written By Unknown on Jumat, 13 Februari 2015 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Siti Ariyanti

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Seorang guru Bahasa Jawa di SMA Sanden berhasil mengembangkan font Aksara Jawa ke dalam sistem operasi Android. Setyo Amrih Prasojo, si inovatif tersebut sudah setahun ini mulai mengembangkan font aksara Jawa untuk media pembelajaran di smartphone.

Selama ini, font Aksara Jawa di dalam komputer memang sudah berkembang. Hanya saja, belum ada yang mencobanya ke dalam Andoid.

Padahal, saat ini pelajar sudah begitu dekat dengan teknologi, termasuk berbagai jejaring sosial maupun aplikasi messenger yang ada di sistem operasi Android. Oleh karena itu, Amrih mulai berpikir untuk mengembangkan huruf "Ha Na Ca Ra Ka" ke dalam Android.

"Untuk media pembelajaran saja. Hasilnya, anak-anak menjadi lebih tertarik dalam belajar bahasa Jawa," kata Amrih saat mengadakan warkshop Aksara Jawa berbasis teknologi dan smartphone, Jumat (13/2/2015).

Aksara Jawa yang sudah didownload di smartphone dapat digunakan untuk percakapan di whatsapp, BBM dan sebagainya. Namun sejauh ini, Amrih sengaja belum menyebarkannya secara luas agar guru Bahasa Jawa turut serta dalam penyebaran font ini.

Untuk dapat memanfaatkannya, minimal sistem operasi Android harus versi ICS Kit Kat. Setelah itu, perlu dilakukan proses root menggunakan Android Framaroot yang dapat diunduh di playstore.

Bila tidak berhasil kata Amrih, dapat menggunakan komputer dengan software Kingo Root. "Setelah di-root, lalu ke playstore lagi untuk mengunduh font dan multiling o keyboard. Kalau sudah diinstal, tinggal di download saja font Bahasa Jawa," papar Amrih. (tribunjogja.com)


Anda sedang membaca artikel tentang

Guru SMA Sanden Kembangkan Font Aksara Jawa di Android

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2015/02/guru-sma-sanden-kembangkan-font-aksara.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Guru SMA Sanden Kembangkan Font Aksara Jawa di Android

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Guru SMA Sanden Kembangkan Font Aksara Jawa di Android

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger