Disporabudpar Kota Magelang Tak Punya Anggaran Untuk Bantu Renovasi BCB

Written By Unknown on Sabtu, 14 Februari 2015 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja.com, Agung Ismiyanto

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kota Magelang, Hartoko mengatakan, sejauh ini pihaknya tidak mengalokasikan anggaran untuk membantu perbaikan kelenteng atau BCB.

"Yang jelas, Disporabudpar tahun ini tidak ada pos anggaran untuk bantuan (renovasi kelenteng) itu," tandasnya melalui pesan singkat, Jumat (13/2/2015).

TITD Liong Hok Bio terdata sebagai salah satu dari 33 BCB yang ada di Kota Magelang. Terkait perlindungan BCB tersebut, Pemerintah Kota Magelang sudah membuat peraturan daerah (Perda) Nomor 7 tahun 2013 tentang cagar budaya. Namun, perda ini belum bisa direalisasikan karena belum ada peraturan wali kota yang mengatur pelaksanaan teknisnya di lapangan.

Pengurus Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Liong Hok Bio, Kota Magelang berencana untuk merenovasi kembali bangunan kelenteng berusia 150 tahun yang terbakar Juli 2014 lalu. Untuk proyek renovasi ini, pihak pengurus secara khusus akan mendatangkan ahli sejarah dan feng shui dari Singapura.

Ketua Yayasan Tri Bhakti, Paul Chandra Wesi Aji, mengatakan, proyek renovasi ini direncanakan akan mulai dilaksanakan setelah umat selesai merayakan Cap Go Meh atau 15 hari setelah Imlek. Saat ini, desain bangunan tengah dikerjakan oleh seorang arsitek yang juga merupakan umat tempat ibadah tersebut.

"Dalam proyek renovasi ini memang akan kami libatkan tim ahli fengshui dari Singapura. Tim ini terdiri dari sekitar lima hingga enam orang," jelasnya, Jumat (13/2/2015).

Dia menjelaskan, untuk desain bangunan kelenteng akan dibuat semirip mungkin dengan bangunan asli yang terbakar. Namun, tidak mungkin bisa benar-benar sama seperti bangunan aslinya. Dia menjelaskan, agar lebih kuat dan tahan api, bangunan utama kelenteng yang rusak tersebut nantinya akan dibuat dari beton.


Anda sedang membaca artikel tentang

Disporabudpar Kota Magelang Tak Punya Anggaran Untuk Bantu Renovasi BCB

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2015/02/disporabudpar-kota-magelang-tak-punya.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Disporabudpar Kota Magelang Tak Punya Anggaran Untuk Bantu Renovasi BCB

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Disporabudpar Kota Magelang Tak Punya Anggaran Untuk Bantu Renovasi BCB

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger