Situasi Darurat? Pencet 119 Petugas Pun Datang

Written By Unknown on Sabtu, 20 Desember 2014 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Padhang Pranoto

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Layaknya di luar negeri, kini Kabupaten Klaten memiliki call center medis terpadu disebut Sistem Pelayanan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT).

SPGDT sendiri merupakan layanan seperti call center 24 jam. Hal tersebut dikhususkan, bagi mereka yang memerlukan informasi medis dalam keadaan gawat darurat.

Tinggal memencet nomor 119 dari telepon maka warga bisa mendapatkan berbagai informasi layanan rumah sakit. Di antaranya persediaan kamar, hingga membantu mereka yang memerlukan pertolongan pertama yang dipandu langsung oleh petugas lewat telepon.

Dengan sarana tersebut, masyarakat dapat tertolong ketika membutuhkan penanganan segera. Seperti penanganan penyakit jantung, kecelakaan, atau penyakit ringan seperti mimisan.

Sekretaris Program SPGDT Limawan Budi Wibawa menyatakan, fasilitas telepon dapat diakses melalui rumah ataupun selular. Perbedaanya, ketika menggunakan handphone harus menambahkan kode telepon daerah Klaten 0272 kemudian 119.

Baik menggunakan telpon kabel maupun selular SPGDT dapat diakses secara gratis. Fasilitas tersebut akan menghubungkan, semua rumahsakit negeri dan swasta serta puskesmas yang ada di Klaten.

Ia menambahkan, program tersebut adalah program nasional

Terpisah, Kepala Humas RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro (RSST) Klaten Sriyono menyambut positif layanan tersebut. Hal itu karena dengan SPGDT, masyarakat dapat terlayani dengan lebih baik.

Petugas jaga yang dipersyaratkan sebagai perawat berijazah D3, pun bisa memandu warga ketika melakukan pertolongan pertama. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Situasi Darurat? Pencet 119 Petugas Pun Datang

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/12/situasi-darurat-pencet-119-petugas-pun.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Situasi Darurat? Pencet 119 Petugas Pun Datang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Situasi Darurat? Pencet 119 Petugas Pun Datang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger