Pesawat Ulang Alik NASA Ternyata Gunakan Prosesor Jadul

Written By Unknown on Rabu, 10 Desember 2014 | 11.22

TRIBUNJOGJA.COM - Jika anda berpikir bahwa pesawat ulang alik NASA menggunakan teknologi super canggih, maka anda sepertinya salah. Sistem komputerisasi di pesawat ulang alik Orion ternyata menggunakan prosesor Apple iBook G3 keluaran tahun 2003. Prosesor ini, tidak lebih canggih dari smartphone yang dirilis pada masa sekarang.

Lantas kenapa NASA menggunakan prosesor jadul? Ternyata justru teknologi jadul itu sanggup bertahan pada kondisi ekstrim dengan tingkat radiasi tinggi. Dengan kata lain tepat digunakan untuk misi luar angkasa.

Berdasarkan informasi yang dimuat dalam situs Computer World, sistem komputerisasi di Orion dipersenjatai dengan dua buah chip prosesor IBM PowerPC 750FX. Prosesor yang sama digunakan oleh Apple hingga tahun 2005. Prosesor ini juga yang digunakan Apple dalam iBook G3 tahun 2003. Ini sama kuatnya dengan prosesor yang digunakan pada samsung Galay S3. Namun begitu, NASA mengklaim bahwa prosesor ini 4000 kali lebih cepat dari proseser pada sistem komputer Apollo, dan 25 kali lebih cepat dari komputer yang digunakan di stasiun luar angkasa internasional (ISS).

"Jika dibandingkan dengan prosesor Core i5 di komputer sekarang, chip ini jauh lebih lambat," ujar Matt Lamke, Deputi Manajer Penerbangan Orion, kepada Computer World.

"Ini juga mungkin tak lebih cepat dari smartphone sekarang, tapi ini bukan semata-sama soal kecepatan tapi soal kekuatan. Kami harus memastikan bahwa chip ini bisa bekerja dengan baik," tambahnya.

Orion sendiri memiliki dua komputer cadangan. Jarang sekali terjadi ketiga komputernya mengalami masalah.

Adapun pesawat ulang alik Orion baru saja kembali menyelesaikan misinya. Kapsul Orion mendarat di Samudera Pasific, kemudian dikirimkan ke San Diego pada Senin (8/12/2014) kemarin. Orion telah menjalankan misi mengorbit di atas bumi sebanyak dua kali. Sementara peluncurannya dilakukan pada Jumat pekan lalu, kemudian melakukan perjalanan selama 4,5 jam sebelum tiba di orbit bumi. Misi ini merupakan bagian dari rencana NASA untuk mengantarkan astronot ke Mars pada tahun 2030 mendatang. (dailymail/mon)


Anda sedang membaca artikel tentang

Pesawat Ulang Alik NASA Ternyata Gunakan Prosesor Jadul

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/12/pesawat-ulang-alik-nasa-ternyata.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pesawat Ulang Alik NASA Ternyata Gunakan Prosesor Jadul

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pesawat Ulang Alik NASA Ternyata Gunakan Prosesor Jadul

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger