Kenyaman Ruang Kerja Tergantung Pencahayaan dan Sirkulasi

Written By Unknown on Jumat, 17 Oktober 2014 | 11.22

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Adi Suryawan dari Mitra Cipta Interior mengatakan, ruang kerja memang sebaiknya tidak diisi terlalu banyak furniture. Selain membuat ruangan terasa penuh, kejenuhan bisa muncul.

"Biasanya, cukup meja, kursi, rak untuk arsip dan mungkin komputer. Intinya, ruangan jangan terlalu penuh untuk menghindari kejenuhan," katanya ketika ditemui di kantornya di Jalan Kaliurang Km 8,7, pekan lalu.

Rekan Adi, Asep rahmat menambahkan, kenyamanan ruang kerja ditopang oleh pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik. Sebagus apapun fasilitas yang ada, apabila kedua aspek tersebut tidak terpenuhi maka suasana ruang kerja yang nyaman sulit diperoleh.

"Ruang kerja harus membuat betah pemakainya, kalau tidak, pekerjaan akan terasa berat dan membuat malas dikerjakan. Karenanya, interaksi dengan rumah dan penghuni lainnya juga tetap diperlukan. Misalnya saja, arah bukaan ruang kerja kalau bisa menghadap ke taman atau ruang terbuka. Selain memberikan pemandangan yang baik, juga memerlancar udara segar masuk," jelasnya.

Ketika ada pemilik rumah memutuskan untuk memiliki ruang kerja, maka Asep pun menyarankan beberapa hal. Misalnya saja, ada aspek yang harus dihindari ketike mendesain ruang kerja.

"Yang harus dihindari adalah suasana yang lembap atau panas. Karena itu penempatan ruang kerja sebaiknya tidak dekat kamar mandi atau dapur. Yang dibutuhkan ruang kerja utamanya adalah udara segar dan cahaya. Pemakaian AC sangat tidak dianjurkan karena di kantor biasanya sudah memakai AC. Agar tidak jenuh sebaiknya sirkulasi udara diperlancar saja di rumah," ulasnya.

Masalah sempitnya lahan yang tersedia juga menjadi perhatian Asep. Menurutnya, rumah mungil pun juga tetap bisa memiliki ruang kerja. Hanya saja, ada pengorbanan yang harus dilakukan, misalnya saja penyatuan dengan ruang yang lain.

"Karenanya, ruang kerja juga jangan terlalu privat. Ini untuk mengantisipasi datangnya relasi. Untuk mengantisipasi minimnya ruang, ruang kerja bisa dipadukan perpustakaan," katanya. (tribunjogja.com)


Anda sedang membaca artikel tentang

Kenyaman Ruang Kerja Tergantung Pencahayaan dan Sirkulasi

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/10/kenyaman-ruang-kerja-tergantung.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kenyaman Ruang Kerja Tergantung Pencahayaan dan Sirkulasi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kenyaman Ruang Kerja Tergantung Pencahayaan dan Sirkulasi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger