Bisnis Online Kurangi Omzet Konter Handphone

Written By Unknown on Selasa, 07 Oktober 2014 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Singgih Wahyu Nugraha

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Maraknya bisnis gadget dengan memanfaatkan media internet (online shopping) sedikit banyak berpengaruh pada omzet konter-konter handphone di Yogyakarta. Pemilik konter harus memeras otak lebih keras supaya tidak gulung tikar.

Menurut pengelola sejumlah pusat handphone di Yogyakarta, Jacky Latupeirissa, semakin banyaknya bisnis online shopping memang membawa dampak tersendiri pada angka penjualan di konter. Meski penurunannya belum terlihat signifikan, dia menyebut ada pengurangan pendapatan perbulannya.

"Pasti ada lah dampaknya. Ada penurunan sekitar 20-30 persen," kata Jacky, Senin (6/10/2014).

Meski begitu, Jacky enggan memaparkan berapa nilai penurunan tersebut. Pasalnya, keuntungan yang diraup tiap konter cukup beragam. Meski begitu, diyakinkannya bahwa hampir semua konter mengalami dampak serupa.

Keunggulan sistem online menurutnya memang cukup menarik minat konsumen. Mereka bisa berbelanja gadget dan perangkat komunikasi tanpa harus repot datang ke konter. Sehingga, dari sisi waktu dan biaya, konsumen merasa diuntungkan karena efisiensinya.

Namun, ada keunggulan sistem belanja konvensional yang tak bisa tergantikan yakni interaksi antara penjual dan pedagang. Di dalamnya sekaligus mencakup urusan tawar menawar harga.

"Ini yang membuat beberapa konsumen lebih memilih untuk berbelanja di konter ketimbang melalui online shopping," katanya.

Untuk tetap bisa mengundang konsumen, biasanya pemilik konter bakal menggelar program promo beserta undian hadiah tertentu. Beberapa pemilik konter juga memanfaatkan media online untuk mendongkrak penjualannya.

"Ini jadi strategi untuk menyaingi bisnis online. Istilahnya, mereka jemput bola pada konsumen. Barang bisa diantar langsung pada konsumen," sambung Jacky. (tribunjogja.com)


Anda sedang membaca artikel tentang

Bisnis Online Kurangi Omzet Konter Handphone

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/10/bisnis-online-kurangi-omzet-konter.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bisnis Online Kurangi Omzet Konter Handphone

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bisnis Online Kurangi Omzet Konter Handphone

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger