Pembersihan Kabel Semerawut Akan Dilanjutkan Hingga Alun-alun

Written By Unknown on Sabtu, 13 September 2014 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ekasanti Anugraheni

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA -  Kabel malang melintang tak hanya merusak estetika Tugu Pal Putih Yogyakarta. Itu juga mengganggu pemandangan di sepanjang sumbu filosofis Yogya mulai dari Tugu hingga Alun-alun utara.

"Akan kami tata bertahap mulai dari Tugu Pal Putih, kemudian dilanjutkan ke sepanjang Malioboro," kata Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Energi dan Sumber Daya Mineral (PUP-ESDM) DIY Muh Mansur, Kamis (11/9).

Namun, karena keterbatasan anggaran maka penataan dan pembersihan kabel yang semrawut tak bisa dilakukan sekaligus. Pemda harus membangun sistem jacking di bawah tanah secara bertahap. Sistem jacking ini berupa pembuatan pipa saluran untuk kabel listrik dan kabel telepon di bawah tanah tanpa proses penggalian. "Ya kami sesuaikan anggarannya, kan mahal biayanya," kata Mansur.

Kepala UPT Malioboro Syarif Teguh juga berulang kali menerima masukan soal kabel semrawut itu. Pihaknya sudah mengupayakan pembersihan sampah visual secara vertikal dan horisontal. Tapi baru menyentuh pada pembersihan reklame melintang di Jalan Malioboro saja. Belum menyentuh ke pembersihan kabel-kabel. "Soalnya itu kan butuh metode khusus," kata Syarif.

Pada prinsipnya, ia mendukung rencana pembersihan kabel yang menyatu dalam program penataan kawasan Malioboro melalui Dana Keistimewaan.

"Selama ini penataan hanya bisa parsial. Kalau mau ditata sekaligus, saya pesimis. Memang Malioboro harus digarap bertahap," ungkap Syarif. "Terlalu kompleks. Kepentingannya bukan orang Malioboro saja, tapi orang-orang luar juga punya kepentingan," imbuhnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Pembersihan Kabel Semerawut Akan Dilanjutkan Hingga Alun-alun

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/09/pembersihan-kabel-semerawut-akan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pembersihan Kabel Semerawut Akan Dilanjutkan Hingga Alun-alun

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pembersihan Kabel Semerawut Akan Dilanjutkan Hingga Alun-alun

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger