Pertumbuhan Kredit UMKM di Yogya 7,1 Persen

Written By Unknown on Jumat, 08 Agustus 2014 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Pristiqa Ayun Wirastami

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sepanjang tahun 2014 hingga bulan Mei kemarin, pertumbuhan penyaluran kredit UMKM di Yogyakarta mencapai 7,1 persen. Angka ini lebih tinggi dibandingkan data nasional yang pertumbuhanya hanya mencapai 1,8 persen.

Hal tersebut disampaikan Arief Budi Santoso selaku Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY saat menggelar acara syawalan bersama Badan Musyawarah Perbankan Daerah DIY dan Otoritas Jasa Keuangan di Kantor BI DIY, Kamis (7/8). Menurutnya, angka pertumbuhan kredit tahun ini bisa lebih besar dibandingkan tahun lalu.

"Selama tahun lalu pertumbuhan kredit di Yogyakarta hanya 17,09 persen. Angka tersebut lebih rendah dari pertumbuhan kredit nasional yang sebesar 22,7 persen," kata Arief kepada wartawan, Kamis (7/8).

Sementara untuk pangsa pasar kredit UMKM DIY yang disalurkan oleh bank-bank di DIY sebesar 42,90 persen selama tahun 2014 hingga bulan Mei. Arief pun optimis angka ini bisa terus merangkak naik, sebab 90 persen perekonomian di DIY ditopang oleh UMKM.

"Targetnya ya pangsa pasar kredit UMKM di Yogyakarta minimal bisa mencapai angka 50-60 persen. Karena sektor UMKM di Yogyakarta sangat banyak sekali, bank-bank harusnya bisa menangkap peluang tersebut," kata Arief.

Di kesempatan yang sama, Teddy Alamsyah selaku Ketua Perbarindo DIY juga menyatakan bahwa pertumbuhan kredit di Bank Perkreditan Rakyat DIY terus tumbuh. Sebab BPR masih menjadi pilihan kredit bagi usaha-usaha kecil.

"Bisnis di BPR kan yang utama adalah kredit. Jadi kami fokus pada hal tersebut. Berbeda dengan bank lain yang punya bisnis lain. Loan to Deposit Ratio (LDR) di BPR sudah mencapai di atas 100 persen," kata Teddy.

Teddy juga menjelaskan saat ini kredit konsumsi masih paling banyak diminati. Dan permintaan kredit pun akan naik cukup besar saat menjelang moment-moment tertentu, seperti misalnya Lebaran.

Sementara itu, menurut Teddy kredit macet masih terus ada dalam bisnis perkreditan. Di tiap tahunya rata-rata jumlahnya mencapai 5-6 persen. (tiq)


Anda sedang membaca artikel tentang

Pertumbuhan Kredit UMKM di Yogya 7,1 Persen

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/08/pertumbuhan-kredit-umkm-di-yogya-71.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pertumbuhan Kredit UMKM di Yogya 7,1 Persen

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pertumbuhan Kredit UMKM di Yogya 7,1 Persen

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger