Greg Contantine Bakal Buka Pameran Fotografi Exiled to Nowhere di Yogya

Written By Unknown on Jumat, 22 Agustus 2014 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Gaya Lufityanti

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemenang Penghargaan Jurnalis Foto Greg Constantine akan menggelar pameran fotografi bertajuk Exiled to Nowhere di Yogyakarta. Pameran ini akan menyoroti persekusi dan pelanggaran Hak Asasi Manusia terhadap kelompok tanpa kewarganegaraan Rohingya di Burma.

Rohingya, kelompok minoritas Muslim dari Burma, dianggap sebagai satu kelompok yang paling teraniaya di dunia. Pada 1982 status kewarganegaraan mereka dilucuti oleh pemerintahan Burma dan semenjak itu menjadi orang-orang yang tanpa kewarganegaraan. Berpuluh tahun diabaikan, penolakan atas pemenuhan hak-hak dasar yang fundamental serta sejumlah pelanggaran Hak Asasi Manusia terhadap orang-orang Rohingya telah memaksa mereka untuk pergi mengungsi dari tanah air mereka ke Bangladesh dan negara-negara lain di ASEAN. Serangan kekerasan terhadap komunitas Rohingya di Rakhine State, Burma pada 2012 menghancurkan banyak komunitas Rohingya dan lebih dari 100 ribu Rohingya harus mengungsi. Inilah yang banyak kelompok pegiat Hak Asasi Manusia menyebut sebagai pembersihan etnis dan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Pameran ini bertujuan untuk menyoroti perjuangan komunitas Rohingya sebagaimana yang terjadi paska kekerasan di tahun 2012 dan dampak dari status tanpa-kewarganegaraan serta penolakan kewarganagaan yang dialami oleh mereka.

Constantine, penulis buku terkenal 'Exiled To Nowhere: Burma's Rohingya' (2012), telah menghabiskan delapan tahun untuk mendokumentasikan nasib dari komunitas Rohingya sebagai bagian dari proyek jangka panjang bertajuk Nowhere People. Proyek ini bertujuan untuk menyoroti perjuangan komunitas tanpa-kewarganegaraan diseluruh dunia. Pameran di Yogyakarta ini merupakan bagian dari rangkaian pameran internasional proyek tersebut. Pameran serupa telah lebih dahulu diselenggarakan di London, Canberra, US Holocaust Memorial Museum di Washington, DC dan di Parlemen Eropa.

Pameran fotografi ini dibuka pada tanggal 23 hingga 30 Agustus 2014 di Jogja Gallery, Jalan Pekapalan nomor 7, Alun-alun Utara Yogyakarta. Constantine juga akan membuka forum diskusi pada Minggu (24/8) di lokasi pameran pada pukul 16.00 sampai 18.00. Kemudian sebagai bagian dari forum ini, diselenggarakan pula Diskusi Panel di Centre for Human Rights Studies UII mulai pukul 09.00 hingga 12.00. Diskusi panel juga akan dihelat di Fakultas Hukum UAJY pada Selasa (26/8) pukul 09.00 dan di UGM pada Rabu (27/8) pukul 13.00. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Greg Contantine Bakal Buka Pameran Fotografi Exiled to Nowhere di Yogya

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/08/greg-contantine-bakal-buka-pameran.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Greg Contantine Bakal Buka Pameran Fotografi Exiled to Nowhere di Yogya

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Greg Contantine Bakal Buka Pameran Fotografi Exiled to Nowhere di Yogya

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger