Pupuk Abu Kelud, Mampu Hasilkan Melon Unggul

Written By Unknown on Rabu, 30 Juli 2014 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Niti Bayu Indrakrista

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Hujan abu vulkanik Gunung Kelud di wailayah Yogya Februari lalu kini menyisakan berkah. Peneliti Universitas Gadjah Mada membuktikan material dari perut bumi itu bisa menjadi media tanam yang efeknya sebaik pupuk komersial.

Tim peneliti melon Fakultas Biologi UGM yaitu Purnomo, Budi Setiadi Daryono, dan Ganies Riza Aristya berhasil mengembangkan melon yang ditanam menggunakann campuran abu vulkanik sisa semburan Gunung Kelud.

Tim menggunakan tiga jenis komposisi media tanam, yaitu campuran tanah dan abu vulkanik, campuran tanah dengan abu vulkanik yang diberi pupuk kocor sintetik, serta lcampuran tanah dengan pupuk sintetik sebagai lahan kontrol. "Ternyata hasil dari ketiganya nyaris sama, baik dari segi ukuran, rasa, bentuk, maupun berat buahnya," kata Budi di komplek kampus UGM, Bulaksumur, Yogyakarta, Rabu (30/7/2014).

Penelitian yang dilakukan terhadap jenis melon unggul Tacapa itu menunjukkan, abu vulkanik bisa menjadi media tanam yang sama baiknya dengan pupuk komersial yang biasa digunakan masyarakat untuk menyuburkan tanaman. Kemiripan hasil itu membuktikan bahwa tanpa bantuan dengan atau tanpa bantuan pupuk, campuran tanah dan abu vulkanik saja sudah bisa memberikan performa yang cukup baik.

Lebih lanjut, Budi mengatakan, pemanfaatan abu vulkanik sebagai media tanam bisa memberi pendidikan kepada publik bahwa manusia bisa 'berkawan' dengan bencana. Apalagi peristiwa hujan abu terjadi juga di perkotaan, wilayah yang memang tidak terlalu akrab dengan alam, baik bencana maupun pemanfaatannya.

Ia menjelaskan, secara geografis Indonesia terletak pada jajaran 'cincin api'. "Sulit dipungkiri fenomena hujan abu vulkanik tidak akan lepas dari Nusantara yang memiliki 127 gunung berapi aktif di wilayahnya," kata Budi.
Sementara itu, Purnomo menambahkan, sejumlah capaian telah diperoleh dalam pengembangan melon unggul kultivar TACAPA.

Di antaranya tahan terhadap jamur tepung powdery mildew, potensial untuk dikembangkan di lahan kritis karst dalam upaya konservasi lahan, serta dapat dibudidayakan menggunakan media tanam abu vulkanik.

Capaian selanjutnya yang diharapkan antara lain benih-benih melon yang mempunyai karakter morfologis dan agronomis yang unggul, seragam, dan stabil itu dapat disertifikasi dan diproduksi sebagai benih melon komersial unggulan nasional. "Semoga ke depan bisa dikembangkan lebih bagus, khususnya di lahan karst sebagai upaya konservasi lahan," tutur Purnomo. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Pupuk Abu Kelud, Mampu Hasilkan Melon Unggul

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/07/pupuk-abu-kelud-mampu-hasilkan-melon.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pupuk Abu Kelud, Mampu Hasilkan Melon Unggul

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pupuk Abu Kelud, Mampu Hasilkan Melon Unggul

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger