Badrue Si Falcao, Tokoh Ikon Baru Pemanis Maguwoharjo

Written By Unknown on Selasa, 22 Juli 2014 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Puthut Ami Luhur

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - TIM sepak bola selain memiliki prestasi bagus atau sejarah panjang ikut membangun pesepakbolaan di negaranya, juga mempunyai julukan yang disematkan. Mulai dari julukan karena warna dan lambang tim, semisal Chelsea dengan "The Blues" atau Manchester United melalui "The Red Devil".

Demikian pula tim-tim di Indonesia yang memiliki julukan beraneka ragam, mulai warna atau lambang tim tersebut sampai tokoh setempat atau tokoh-tokoh fiktif yang mempunyai sifat-sifat kepahlawanan.

Diantaranya, Persijap Jepara berjuluk "Laskar Kalinyamat", PSIM Yogya bersama "Parang Biru" karena seragam yang digunakan mengandung motif batik Parang yang didominasi warna biru. Atau PSIS Semarang dengan sebutan "Mahesa Jenar", seorang tokoh fiktif dalam cerita Naga Sasra dan Sabuk Inten karangan SH Mintardja.

Nama hewan juga sering digunakan sebagai julukan tim-tim di Indonesia, misalnya Persib Bandung dengan sebutan "Maung Bandung" yang diartikan Macan Bandung atau PPSM Magelang yang mempunyai sebutan Macan Tidar. Demikian juga tim kebanggaan Slemania dan Brigata Curva Sud (BCS), PSS Sleman yang mempunyai julukan Elang Jawa (Elja).

Julukan itu mengandung arti agar tim seperkasa atau segarang, baik tokoh asli maupun fiktif ataupun hewan yang disematkan. Sedangkan Elja adalah burung langka yang konon sering terlihat di lereng Gunung Merapi, tempat markas PSS.

Sebagai ikon tim, pemerintah setempat sampai membuatkan patung Elja di jalan masuk dari sisi timur Stadion Maguwoharjo. Tak ketinggalan pada dua musim belakangan, saat laga PSS selalu ada seseorang mengenakan kostum ikon tersebut yang diberi julukan The Falcao (Elang).

Terakhir, tak hanya satu tapi dua orang yang mengenakan kostum ikon dari tim kebanggaan Sleman itu. Satu Falcao yang mengenakan jersey PSS.

Siapakah di balik tokoh The Falcao tersebut? Ternyata tak jauh dari PSS, tapi bukan dari manajemen maupun perangkat tim. Kedua orang tersebut merupakan bagian dari suporter, pendukung setia tim yang juga berjuluk Laskar Sembada.

Badru Sujali adalah suporter yang menciptakan ikon The Falcao, yang menambah suasana Stadion Maguwoharjo semakin menjadi sarana hiburan saat laga PSS pada Kompetisi Divisi Utama.

Awalnya, cerita pria kelahiran Sleman, 21 Juni 1991, penciptaan tokoh tersebut muncul dari obrolan dengan rekan-rekannya sesama suporter. Ia sering melihat di belahan Eropa atau Amerika, sebuah tim sepak bola jika akan menjalani laga ada ikon yang selalu masuk ke lapangan sebelum laga digelar.

Berangkat dari fenomena tersebut, ia ingin meniru dengan caranya. "Saya lihat teman mencoba-coba menggambar sosok The Falcao. Gambar tersebut kemudian saya minta untuk membuat dan memesan kostumnya," kata pria yang akrab disapa Badrue, kemarin. (Tribunjogja.com)


Anda sedang membaca artikel tentang

Badrue Si Falcao, Tokoh Ikon Baru Pemanis Maguwoharjo

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/07/badrue-si-falcao-tokoh-ikon-baru.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Badrue Si Falcao, Tokoh Ikon Baru Pemanis Maguwoharjo

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Badrue Si Falcao, Tokoh Ikon Baru Pemanis Maguwoharjo

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger