Difabel Minta Perhatian dari Capres-Cawapres

Written By Unknown on Minggu, 22 Juni 2014 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Siti Ariyanti

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Sekitar 400 orang difabel dari berbagai komunitas penyandang disabilitas di Jawa Tengah dan DIY berkumpul di Pasar Seni Gabusan pagi ini, Minggu (22/6/2014). Mereka mengadakan diskusi untuk menegaskan dan memberikan rekomendasi terkait kepentingan kaum difabel kepada masing-masing calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) pemilu 2014.

Joni Julianto, Direktur Sasanan Integrasi dan Advokasi Difabel (Sigab) menjelaskan, selama ini kebijakan pemerintah Indonesia belum mengakomodir kepentingan penyandang disabilitas. Visi-misi masing-masing Capres dan Cawapres juga belum menunjukkan secara jelas untuk menjamin hak kaum difabel.

"Pemetaannya belum jelas. Pendidikan dan pekerjaan bagi difabel selama ini belum dijamin oleh pemerintah. Padahal kami juga bagian dari warga Negara Indonesia yang memiliki hak setara seperti warga lainnya," kata Joni di sela-sela acara.

Hasil dari diskusi ini adalah rekomendasi pada masing-masing pasangan Capres dan Cawapres untuk memberikan gambaran yang jelas mengenai visi mereka untuk para difabel. Joni menambahkan, rekomendasi itu didasarkan pada tiga aspek yakni konstitusional, kebenaran politik dan aspek difabel sebagai aset pembangunan.

Aspek konstitusiobal berkaitan dengan landasan konstitusi negeri ini yang sudah menanamkan bahwa keadilan sosial adalah tujuan bernegara. Kebenaran politik menyangkut keberpihakan negara kepada warga yang selama ini terpinggirkan dari proses pengambilan kebijakan sehingga berimplikasi terjadinya pemiskinan warga negara.

"Sedangkan aspek difabel sebagai aset pembangunan adalah mendayagunakan kaum difabel untuk diajak berpartisipasi aktif dalam pembangunan. Tidak hanya menyantuni atau mengadopsi kebutuhan orang miskin. Kalau diberdayakan akan berbalik menjadi aset bagi negara," tambahnya. (Tribunjogja.com)


Anda sedang membaca artikel tentang

Difabel Minta Perhatian dari Capres-Cawapres

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/06/difabel-minta-perhatian-dari-capres.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Difabel Minta Perhatian dari Capres-Cawapres

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Difabel Minta Perhatian dari Capres-Cawapres

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger