Satu Tewas dalam Kerusuhan di Jeddah

Written By Unknown on Selasa, 04 Maret 2014 | 11.22

TRIBUNJOGJA.COM, RIYADH — Sedikitnya satu orang tewas dan sembilan lainnya luka-luka dalam kerusuhan yang pecah di tempat penampungan Shumaysi di dekat Jeddah, Arab Saudi, Minggu (2/3/2014) malam. Belum diketahui asal negara para korban.

Shumaysi adalah kompleks detensi Imigrasi Pemerintah Arab Saudi yang digunakan untuk menampung puluhan ribu pekerja migran ilegal dari negara lain yang terjaring operasi penertiban akhir tahun lalu. Mereka ditampung di sana untuk menunggu deportasi. Ribuan warga negara Indonesia yang melampaui batas izin tinggal resmi (overstayers) termasuk ditahan di dalamnya.

Menurut Juru Bicara Kepolisian Arab Saudi, Letnan Kolonel Ati bin Attiya al Qurashi, Senin (3/3/2014), kerusuhan pecah setelah sebagian tahanan bentrok dengan petugas keamanan.

Qurashi mengatakan, polisi terpaksa turun tangan setelah sebagian tahanan "berupaya memicu kekacauan dan menimbulkan kerusakan". Akibat bentrokan itu, satu pekerja migran dilaporkan tewas dan sembilan lainnya luka-luka.

Polisi tidak menjelaskan penyebab kerusuhan itu dan tidak mengungkapkan kewarganegaraan para korban. Sebuah forum diskusi internet di Yaman mengungkapkan, para korban berasal dari Yaman.

Forum itu bahkan menyatakan 10 pekerja migran asal Yaman tewas setelah polisi Arab Saudi melepaskan tembakan. Para pekerja ilegal asal Yaman itu pada awalnya menuntut agar otoritas Arab Saudi mempercepat deportasi mereka.

Namun, informasi dari forum daring yang dilansir kantor beritaAssociated Press (AP) ini belum bisa dikonfirmasi.

Pihak Kementerian Luar Negeri di Jakarta dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Jeddah yang dihubungi oleh Kompas belum menjawab hingga berita ini diturunkan, Senin malam.

Menurut siaran pers terakhir KJRI Jeddah mengenai para WNIoverstayers, 21 Januari lalu, masih ada sekitar 1.400 WNI di tempat penampungan Shumaysi. Tidak semua dari para WNI itu bisa dipulangkan karena sebagian masih memiliki izin tinggal. (*)

Skandal Kuliner Terkait :
Bakpia Tidak Asli Merajalela di 7 Titik Penting Yogya


Anda sedang membaca artikel tentang

Satu Tewas dalam Kerusuhan di Jeddah

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/03/satu-tewas-dalam-kerusuhan-di-jeddah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Satu Tewas dalam Kerusuhan di Jeddah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Satu Tewas dalam Kerusuhan di Jeddah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger