Mahasiswa FT UNY Kembangkan Aplikasi Sinopsis Buku

Written By Unknown on Minggu, 30 Maret 2014 | 11.22

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dua mahasiswi dari Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika UNY berhasil merancang 'Bookist Aplikasi Review Buku Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android'. Rancangan ini membawa penciptanya, Tim Meleg IT yang terdiri dari Meganingtyas dan Eka Legya Frannita, merebut juara pertama pada Lomba Perancangan Perangkat Lunak di FIT TECH 2014.

Bookist adalah aplikasi review buku dengan teknologi Augmented Reality. Aplikasi ini memungkinkan calon pembaca atau pembeli buku melihat review dan synopsis buku baik berupa tulisan maupun video. "Review dan synopsis akan muncul hanya dengan menyorot cover buku dengan kamera," ujar Meganingtyas beberapa waktu lalu.

Awalnya, lanjutnya, aplikasi ini dikembangkan untuk Tugas pada Mata Kuliah Pengembangan Sistem Berorientasi Objek, satu mata kuliah untuk Interaksi Manusia dengan Komputer yang diampu dari Program Studi Pendidikan Teknik Informatika. "Kemudian ketika dapat informasi lomba RPL di UKSW kami ikut sertakan lomba sekalian," beber Meganingtyas.

Lomba Rancangan Perangkat Lunak FIT TECH sendiri merupakan event dari Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen SatyaWacana (UKSW) - Salatiga. Pada awal perlombaan, peserta diminta untuk mengumpulkan proposal rancangan perangkat lunak yang akan dikembangkan. Seleksi proposal dilakukan untuk menentukan lima tim terbaik. Lima tim tersebut berasal dari UNY, UKSW, AKAKOM, dan Univeristas Sanata Dharma. Kelima tim kemudian harus mempresentasikan rancangan dan prototype pada tanggal 6 Maret 2014 di Gedung Fakultas Teknologi Informasi UKSW Salatiga.

Poin penilain pada lomba kali ini adalah pada sistematika proposal, metode yang digunakan, metode pengembangan, inovasi dan kebermanfaatan, presentasi dan penampilan serta penguasaan saat menjawab pertanyaan juri. Mereka mempresentasikan rancangan di depan tiga juri yang ahli dalam bidang pengembang software.

"Kami mendapatkan respon baik dan juri tertarik dengan rancangan aplikasi kami. Juri juga memberikan banyak masukan untuk pengembangan aplikasi selanjutnya," sambungnya.

Setelah proses presentasi skor penilaian diakumulasi, dan didapatkan pemenang juara dari Tim Meleg IT UNY, disusul juara kedua dari UKSW serta juara ketiga dari Universitas Sanata Dharma. (gya)

Skandal Kuliner Terkait :

Bakpia Tidak Asli Merajalela di 7 Titik Penting di Yogya


Anda sedang membaca artikel tentang

Mahasiswa FT UNY Kembangkan Aplikasi Sinopsis Buku

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/03/mahasiswa-ft-uny-kembangkan-aplikasi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mahasiswa FT UNY Kembangkan Aplikasi Sinopsis Buku

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mahasiswa FT UNY Kembangkan Aplikasi Sinopsis Buku

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger