Awal Tahun, Empat Hakim Terjerat Kasus Perselingkuhan

Written By Unknown on Jumat, 14 Maret 2014 | 11.22

Laporan reporter Tribun Jogja, Niti Bayu Indrakrista

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Belum genap tiga bulan tahun 2014 berjalan, Komisi Yudisial telah delapan kali mengadakan sidang Majelis Kehormatan Hakim terhadap para hakim bermasalah. Empat di antaranya karena kasus perselingkuhan.

Menurut Ketua Komisi Yudisial Suparman Marzuki, dari Januari hingga pertengahan Maret 2014, sudah sebanyak delapan kali diadakan sidang MKH terhadap hakim bermasalah.

Para pengadil tersebut tersangkut kasus suap, narkotika, bertemu pihak yang sedang berperkara, perselingkuhan, atau beberapa pelanggaran tersebut secara sekaligus. "Untuk kasus perselingkuhan sendiri ada empat hakim yang terkena di seluruh Indonesia," ujarnya saat ditemui di sela acara penandatanganan nota kesepahaman antara KY dengan Universitas Atma Jaya Yogyakarta di kampus Fakultas Hukum UAJY, Mrican, Yogyakarta, Jumat (14/3/2014) pagi.

Suparman menjelaskan, delapan sidang dalam kurun waktu kurang dari tiga bulan adalah angka cukup tinggi. Ia mengatakan, sidang MKH tidak bisa sembarang diadakan karena dapat berujung pada pemecatan hakim.

Menurutnya, secara kuantitatif, delapan dari sekitar 8.300 hakim di seluruh Indonesia bukanlah porsi besar. Akan tetapi karena melibatkan profesi hakim yang dikenal sebagai pengadil atau bahkan perwakilan Tuhan, maka perlu ditanggapi secara serius.

Suparman mengakui, kualitas hakim di Indonesia dari segi kompetensi maupun etis masih memerlukan perbaikan.
Ia bahkan meyakini temuan hakim-hakim bermasalah saat ini hanyalah di permukaan saja. Kenyataan di lapangan, katanya, jauh lebih buruk sehingga memerlukan perhatian seluruh masyarakat. "Apa yang diketahui masyarakat dan diangkat oleh media hanya kulitnya saja," ujar Suparman. (*)

Skandal Kuliner Terkait :
Bakpia Tidak Asli Merajalela di 7 Titik Penting Yogya


Anda sedang membaca artikel tentang

Awal Tahun, Empat Hakim Terjerat Kasus Perselingkuhan

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2014/03/awal-tahun-empat-hakim-terjerat-kasus.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Awal Tahun, Empat Hakim Terjerat Kasus Perselingkuhan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Awal Tahun, Empat Hakim Terjerat Kasus Perselingkuhan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger