Waspadai Modus Pecah Kaca, Simak Cara Penjahat Melakukannya

Written By Unknown on Minggu, 20 Oktober 2013 | 11.22

TRIBUNJOGJA.COM - Para pengguna kendaraan roda empat, terutama bagi kaum hawa ketika bepergian sendirian sebaiknya kian meningkatkan kewaspadaan terkait kemungkinan kejahatan di jalan raya. Kini modus kejahatan berupa pecah kaca tampaknya kian marak terjadi. Tak hanya menyasar mobil yang tengah ditinggalkan pemiliknya, namun bisa juga menyasar mobil yang tengah melaju. Jika hal itu terjadi, sebaiknya jangan langsung berhenti, melainkan cari tempat ramai untuk berhenti atau lebih baik lagi jika langsung berhenti di pos polisi atau kantor polisi.

Adapun sebenarnya, kejahatan pecah kaca ini termasuk modus kejahatan dengan menggunakan cara lama. Biasanya pelaku mengincar barang yang ada di dalam kendaraan. Namun tak menutup kemungkinan para pelaku juga berniat untuk menggasak mobil.

Senjata yang dipakai untuk merontokkan kaca mobil bukan lagi kapak atau benda tumpul. Melainkan, pakai salah satu dari komponen busi yang dilemparkan ke kaca. Ini bisa dikategorinya sebagai cara terbaru.

Seperti diutarakan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto. "Memecahkan kaca mobil memang lagi tren saat ini. Walaupun, pabrikan mobil telah melengkapi sistem keamanan dengan central lock dan immobilizer, sehingga cara pencurian konvensional menggunakan garisan atau kawat untuk membuka pintu sudah tidak bisa dilakukan."

Ditambahkan oleh Rikwanto, biasanya pencuri melihat-lihat dulu, apakah mobil dilengkapi alarm (berupa lampu berkedip) dan sensor gerak saat di parkir. Jika tidak, ini jadi sasaran empuk.

Untuk membawa kabur mobil, menurut Rikwanto tidaklah susah. Pelaku merusak lubang kunci kontak. Sedang untuk menghidupkan mesin, katanya, digunakan bor dengan cara merusak lubang kunci. "Prosesnya (dari awal sampai bawa kabur mobil - tidak lebih dari 1 menit," tutup pria ramah ini. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Waspadai Modus Pecah Kaca, Simak Cara Penjahat Melakukannya

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/10/waspadai-modus-pecah-kaca-simak-cara.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Waspadai Modus Pecah Kaca, Simak Cara Penjahat Melakukannya

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Waspadai Modus Pecah Kaca, Simak Cara Penjahat Melakukannya

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger