Warga Sendari Tolak Pembangunan Perumahan

Written By Unknown on Kamis, 17 Oktober 2013 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ryantono PS

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Kepala Dukuh Sendari, Tirtoadi, Mlati, Sleman, Sumarta, menegaskan warganya tidak ingin ada pembangunan perumahan. Mereka ingin lahan di Sendari tetap jadi lahan pertanian.

Pembangunan dikhawatirkan dapat merusak lahan dan mengurangi hasil panen. Penonalakan warga ini sesuai dengan Peraturan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Nomor 10 Tahun 2011 Tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan. "Warga menuntut kembalikan pembangunan perumahan tersebut jadi lahan hijau," tegasnya.

Selain itu, warga juga khawatir akan terjadi genangan di musim hujan jika perumahan tersebut dibangun. Seperti yang terjadi dua tahun lalu. Setelah adanya perumahan di daerah Cebongan, lahan warga tergenang karena menampung air dari perumahan tersebut.

Sebelumnya, Warga kaget karena belum ada sosialisasi dari pihak pengembang, namun material dan pembangunan terus berjalan. Ia mengatakan sebaiknya sebelum melakukan pembangunan ada sosialisasi dan kelengkapan izin terlebih dahulu.

Setelah dapat izin resmi pembangunan dari pemerintahan, baru disosialisasikan kepada warga.

Sumarta menjelaskan, pengacara Pengembang pernah mengajak bertemu. Namun, warga belum bersedia karena pengacara sudah jelas berpihak pada pengembang yang bersikukuh akan membangun lahan.

Menurut informasi yang dihimpun ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD), Ponidi, hasil rapat warga menyimpulkan seandainya pembangunan ini dilanjutkan dikhawatirkan akan banyak pengembang yang masuk dan membangun perumahan.

Pengacara pengembang perumahan daerah Sendari, Agus R, belum bisa memberikan keterangan lantaran ada beberapa urusan yang mendesak. "Besok setelah saya selesai akan saya kasih kabar," katanya melalui telfon, rabu (16/10).

Kapolsek Mlati Kompol Hendri Multi, melalui panit 2, IPDA Budi Hendrawan, menjelaskan, pihaknya belum bisa banyak memberi keterangan kasus pelaporan warga Sendari karena perkara ini masih dalam penyidikan. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Warga Sendari Tolak Pembangunan Perumahan

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/10/warga-sendari-tolak-pembangunan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Warga Sendari Tolak Pembangunan Perumahan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Warga Sendari Tolak Pembangunan Perumahan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger