Minum Kopi Bantu Cegah Kanker Hati

Written By Unknown on Minggu, 27 Oktober 2013 | 11.22

TRIBUNJOGJA.COM - Satu penelitian baru menyoroti bagaimana minum sebanyak tiga cangkir kopi setiap hari dapat mengurangi risiko kanker hati.

Berapa cangkir kopi yang telah Anda habiskan seharian ini? Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa minum hingga tiga cangkir kopi sehari dapat mengurangi risiko jenis yang paling umum dari kanker hati, karsinoma hepatoseluler (HCC).

Para peneliti di Mario Negri Institute of Pharmacological Research, Milan, melakukan meta-analisis dari 16 penelitian, yang terdiri dari lebih dari 3.000 kasus antara tahun 1996 hingga 2012 mengenai hubungan antara konsumsi kopi dan HCC.

Mereka menemukan bahwa semua hasil penelitian konsisten menunjukkan jumlah moderat konsumsi kopi, terutama tiga cangkir sehari, mungkin bisa mengurangi risiko kanker hati sebesar 50 persen.

"Penelitian ini menegaskan klaim masa lalu bahwa kopi baik untuk kesehatan, dan khususnya untuk hati," jelas Dr. Carlo La Vecchia, dari Departemen Ilmu Klinis dan Kesehatan Masyarakat di Institut tersebut.

Efek menguntungkan dari kopi pada kanker hati mungkin dimediasi oleh bukti pencegahan kopi pada diabetes, risiko yang dikenal untuk penyakit ini, atau efek menguntungkan pada sirosis dan enzim hati.

Meskipun hubungan antara minum kopi dan penyakit hati kurang dipahami, namun penelitian sebelumnya telah menemukan hasil yang serupa. Minum antara satu hingga empat cangkir kopi setiap hari terbukti mengurangi risiko penyakit jaringan parut dan menurunnya fungsi hati atau sirosis hati, sedangkan minuman berkafein lainnya gagal menunjukkan efek yang sama.

The American Cancer Society mengatakan, faktor yang paling signifikan berisiko untuk kanker hati adalah infeksi kronis hepatitis B dan hepatitis C. Dengan mendapatkan vaksinasi untuk kedua infeksi tersebut, serta mengindari konsumsi alkohol, seseorang dapat mengurangi risikonya.

HCC adalah penyebab utama ketiga kematian akibat kanker di seluruh dunia dan penyebab utama kematian akibat kanker kesembilan di AS.

Sekitar 78 persen kematian akibat kanker hati adalah hasil dari infeksi hepatitis B atau C, demikian menurut Centers for Disease Control and Prevention. Gejala kanker hati adalah penurunan berat badan, nyeri perut bagian atas, mual dan muntah, pembengkakan perut, sakit kuning, dan feses berkapur.


Anda sedang membaca artikel tentang

Minum Kopi Bantu Cegah Kanker Hati

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/10/minum-kopi-bantu-cegah-kanker-hati.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Minum Kopi Bantu Cegah Kanker Hati

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Minum Kopi Bantu Cegah Kanker Hati

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger