Rutan Bantul Dijaga Polisi Bersenjata

Written By Unknown on Kamis, 22 Agustus 2013 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, M Nur Huda

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL –

Menyusul maraknya kerusuhan di Lembaga Kemasyarakatan (Lapas) berbagai daerah di Indonesia, membuat Rumah Tahanan (Rutan)
Pajangan Bantul melakukan penambahan pengamanan. Sejumlah personel Polisi dan TNI disiagakan di Rutan Klas IIB tersebut.

Plt Kepala Rutan Bantul, FX Agus Subagja mengatakan, tidak ada gejolak dari para narapidana maupun tahanan dari dalam Rutan. Penambahan keamanan ini merupakan sesuai instruksi dari Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) untuk meningkatkan kewaspadaan.

"Ini dalam rangka pengamanan menjelang remisi Lebaran dan HUT RI kemarin saja," kata Kalapas saat ditemui, Rabu (21/8/2013). Selain memeroleh bantuan pengamanan dari kepolisian dan TNI bersenjata lengkap, pihak Rutan juga menyiagakan sebanyak 12 personel internal.

Ia menyebutkan, dalam pemberian hak remisi pada para napi tahun ini, terdapat sebanyak 24 napi memeroleh remisi HUT RI, dan sebanyak 22 napi memperoleh remisi Lebaran.

Agus mengatakan, pihaknya belum dapat memastikan sampai kapan pengamanan khusus tersebut dilakukan, sebab selain menunggu instruksi dari Kemenkumham juga melihat perkembangan situasi sudah membaik.

"Kalau memang sudah kondusif ya kembali normal. Kalau dirasa sudah aman-aman saja, personel tambahan akan ditarik kembnali," katanya.

Rutan yang berada di Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan, Bantul ini, dihuni sebanyak 165 napi dan tahanan. Dengan kapasitas 132 orang, menurutnya Rutan ini belum terlalu over load.

"Di rutan ini ada sebanyak empat blok dengan jumlah sel ada sebanyak 25 kamar, perkamar diisi rata-rata lima hingga tujuh orang," katanya.

Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Bantul, Agus S mengatakan, di Rutan yang juga dihuni tujuh tahanan koruptor tersebut, selama ini fasilitas yang tersedia cukup memadahi. Pasokan listrik juga disediakan genset, sedangkan pasokan air bersih selain dari PDAM juga terdapat sumur gali.

"Sejauh ini di tempat kami tidak ada potensi gejolak dari para napi. Karena kebanyakan kasus-kasus pidana umum, tidak ada terorisme. Kebanyakan juga napi lokal dan hukumannya di bawah tiga tahun," katanya.(*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Rutan Bantul Dijaga Polisi Bersenjata

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/08/rutan-bantul-dijaga-polisi-bersenjata.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Rutan Bantul Dijaga Polisi Bersenjata

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Rutan Bantul Dijaga Polisi Bersenjata

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger