Penyadapan Membahayakan Kepentingan Negara di Mata Dunia Internasional

Written By Unknown on Selasa, 30 Juli 2013 | 11.22

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Fadli Zon menduga Istana sudah disadap oleh pihak asing. Hal ini dikatakan terkait berita Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta rombongan yang disadap oleh agen intelijen Inggris saat menghadiri pertemuan puncak G-20 di London, 2009 lalu. Sebagaimana dilaporkan oleh Sydney Morning Herald, Jumat (26/7/2013), Perdana Menteri Australia Kevin Rudd diungkap, memperoleh keuntungan atas kegiatan mata-mata itu.

Fadli kemudian mengkritisi pernyataan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa yang akan mengkonfirmasi ke pihak Inggris mengenai berita Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan rombongan disadap saat menghadiri KTT G20 di London, Inggris, pada April 2009 lalu.

"Masak mengkonfirmasi,  ditanya menyadap atau tidak. Dalam hal ini, harusnya pemerintah tegas, pemerintah panggil Dubes Inggris. Dan kalau memang benar, dapat dibuktikan ada penyadapan yang dilakukan, ini bukti dipliomiasi kita memang lemah. Kita harus tunjukkan sikap sebagai negara berdaulat," kata Fadli, Selasa (30/7/2013).

"Dan kalau benar telah terjadi penyadapan oleh pihak asing, selain sistem yang kita lemah, membahayakan kepentingan negara di mata internasional. Dipanggil saja Dubes Inggris. Karena kalau benar,  ini suatu tanda kita tidak dihargai, dan itu pelanggaran," kecam Fadli Zon.

Fadli kemudian menyarankan agar Istana Negara tempat presiden melakukan aktivitasnya sehari-hari diperiksa, jangan sampai Istana memang sudah lama disadap oleh pihak asing. Lebih baik, dengan adanya informasi ini, pemerintah melakukan antisipasi terkait kemungkinan penyadapan yang sifatnya dilakukan secara langsung.

"Harus diperiksa Istana, juga Bina Graha dan tempat-tempat pemerintah strategis atau yang penting. Jangan-jangan memang sudah tidak steril. Jangan-jangan  ada lembaga asing di lembaga-lembaga negara yang disusupi," Fadli Zon mengingatkan.(*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Penyadapan Membahayakan Kepentingan Negara di Mata Dunia Internasional

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/07/penyadapan-membahayakan-kepentingan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Penyadapan Membahayakan Kepentingan Negara di Mata Dunia Internasional

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Penyadapan Membahayakan Kepentingan Negara di Mata Dunia Internasional

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger