Peneliti Ungkap Rahasia Tiga Mumi Utuh dalam Ritual Kuno Suku Inca

Written By Unknown on Selasa, 30 Juli 2013 | 11.22

TRIBUNJOGJA.COM, ARGENTINA - Sekelompok arkeolog mengklaim telah menemukan mumi tiga orang anak yang berasal dari suku Inca pada tahun 1999 lalu. Mumi yang diperkirakan berusia 500 tahun itu, ditemukan di puncak gunung api di Argentina. Yang mengejutkan, baru-baru ini para peneliti menemukan bekas minuman beralkohol dan kokain di dalam mulut mumi yang masih terjaga bentuk aslinya itu. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, mumi itu sengaja dibuat sebagai bagian dari ritual pengorbanan.

Sebagaimana dilansir Dailymail, kondisi mumi tersebut benar-benar masih terjaga sempurna. Para peneliti pun berhasil mengungkap rahasia dibalik mumifikasi tersebut melalui serangkaian penelitian terhadap helai rambut mumi ini. Menurut mereka, mumi yang diperkirakan merupakan bocah perempuan berusia 13 tahun ini, dimumifikasi dengan kandungan alkohol dan kokain yang sangat tinggi sebelum akhirnya meninggal untuk pengorbanan.

Minuman beralkohol yang terbuat dari jagung fermentasi ini akan membantu para korban bertahan dalam suhu sangat dingin. Namun hal itu juga bisa mempercepat kematiannya meskipun membuat mereka bertahan dalam kondisi dingin.

Analisis kimia tersebut dilakukan oleh para peneliti dari University of Bradford dan hasilnya diterbitkan dalam jurnal akademi keilmuan nasional.

Satu diantara tiga mumi paling tua yang ditemukan di kuburan batu di pegunungan Argentina tersebut, ditemukan dalam posisi bersila, dengan posisi kepala terkulai ke depan dan tangannya berada di pangkuannya.

Mumi ini juga diketahui mengenakan hiasan di kepala, dengan bentuk rambut yang dikepang. Para peneliti yakin bahwa ketiga anak ini sengaja dikorbankan dalam sebuah ritual yang dinamakan dengan capacocha. Sebuah ritual untuk menanamkan rasa takut kepada anggota suku yang tujuannya untuk mengontrol perkembangan populasi yang berkembang pesat.

Tidak ada bukti yang menunjukan bahwa mereka merupakan korban dari pembunuhan yang dilakukan secara brutal. Menurut cerita, mereka meninggal secara alami. Dalam prosesnya, ketua suku akan menunggu mereka hingga jatuh pingsan. Kemudian mereka menempatkannya dalam ruang pemakaman. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Peneliti Ungkap Rahasia Tiga Mumi Utuh dalam Ritual Kuno Suku Inca

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/07/peneliti-ungkap-rahasia-tiga-mumi-utuh.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Peneliti Ungkap Rahasia Tiga Mumi Utuh dalam Ritual Kuno Suku Inca

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Peneliti Ungkap Rahasia Tiga Mumi Utuh dalam Ritual Kuno Suku Inca

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger