Supeltas Cabuti Paku di Pohon

Written By Unknown on Minggu, 10 Februari 2013 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ikrob Didik Irawan

TRIBUNJOGJA.COM, SOLO

- Sejumlah anggota Sukarelawan Pengatur Lalu Lintas (Supeltas) melakukan aksi cabut paku. Sasaran mereka adalah pohon-pohon yang berada di sisi kiri dan kanan Jalan Slamet Riyadi.

Aksi bersih-bersih tersebut dilakukan saat Car Free Day (CFD), Minggu (10/2/2013) pagi. Para supletas mengenakan seragam sehari-hari yang biasa digunakan untuk mengatur lalu lintas. Busana itu yakni rompi hijau pupus, kemeja biru, dan topi yang semuanya bertuliskan Supeltas.

"Supeltas juga cinta lingkungan. Kami tunjukkan dengan membersihkan paku yang menancap di pohon," kata Hari Sudarmaji, salah seorang anggota supeltas. Mereka membawa senjata linggis, tang, dan palu untuk mencabuti palu. Sementara untuk wadah paku, hanya menggunakan bungkus rokok bekas yang ditemukan di jalan.

Hari dan rekannya tampak kewalahan. Sebab, jumlah paku yang menancap cukup banyak. Bahkan kadang dalam satu pohon mereka menemukan lima buah paku. Paku-paku itu bekas digunakan untuk menancapkan reklame liar.

"Agak susah dicabut karena pakunya sudah lama menancap," kata pria yang biasanya mengatur lalu linta di dekat perlintasan kereta Purwosari ini.

Aksi mencabut paku itu dilakukan dari depan kantor Satlantas Polresta Solo hingga kawasan Ngarsopura. Jarak kedua titik itu sekitar 2 kilometer dengan jumlah pohon mencapai puluhan. Kadang saat kesulitan, satu paku harus dicabut oleh dua orang.

"Paku ini juga sampah yang mengganggu pohon. Kami harap masyarakat sadar untuk tak menancapkan paku sembarangan ke pohon," kata Widodo, supeltas lainnya. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Supeltas Cabuti Paku di Pohon

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2013/02/supeltas-cabuti-paku-di-pohon.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Supeltas Cabuti Paku di Pohon

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Supeltas Cabuti Paku di Pohon

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger