Nelayan Pantai Drini Panen Lobster

Written By Unknown on Sabtu, 17 November 2012 | 11.22

Laporan Reporter Tribun Jogja, Agung Ismiyanto

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL

- Musim pacaroba mendatangkan rejeki tersendiri bagi puluhan nelayan di Pantai Drini, Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari. Nelayan di pesisir pantai Drini kini memanen lobster. Kuota panenan perharinya pun mencapai 15 sampai 25 kilogram.

Salah satu nelayan, Hermanto (45) mengatakan lobster tersebut membawa angin segar bagi nelayan di sekitar Drini.  Menurutnya melimpahnya lobster ini sudah dirasakan semenjak sebulan lalu. "Nelayan yang mendapat lobster bervariasi jumlahnya. Ada yang sampai 30 kilogram tapi ada yang Cuma 10 kilogram," katanya, Jumat (16/11/2012).

Seperti tahun-tahun sebelumnya, panenan lobster biasanya didapatkan pada bulan November hingga Februari. Sementara, ukuran lobster yang didapatkan juga dari ukuran kecil hingga super. Lobster merupakan bahan baku yang biasa digunakan sejumlah restoran untuk membuat makanan laut (seafood). Harga satu kilogram lobster dipatok antara Rp 200 ribu hingga 300 ribu.
"Harga itu dari nelayan yang mematok," jelasnya.

Adapun jenis lobster yang ditangkap di pantai pulau Drini antara lain jenis lobster hijau pasir, lobster batu, lobster bintik seribu serta lobster mutiara. Nelayan lobster juga terdapat di Pantai Ngrenehan, Kecamatan Saptosari. "Kalau musim hujan, populasi lobster semakin meningkat," imbuhnya.

Sementara, pembeli lobster juga bisa langsung membeli melalui pengepul di Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Pembeli dapat memilih beragam jenis lobster yang dipanen oleh nelayan. Menurut Hermanto, lobster dari Gunungkidul paling banyak diminati. "Pemasaran bisa di luar kota, seperti di Gombong, Cilacap, Jakarta, Jogja dan juga Bali," tambahnya.

Dituturkan nelayan lainnya, Suyanto, penangkapan lobster akan berlangsung hingga Februari mendatang. Biasanya sekitar bulan Maret, kata dia, nelayan akan kembali mencari ikan. "Ya jenis ikan pari yang akan kami buru," tambahnya.

Di Pantai Drini, kata Yanto terdapat kelompok nelayan Mino Martani yang beranggotakan warga Desa Banjarejo serta Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari. Kelompok ini memiliki kapal sebanyak 30 buah. "Yang aktif melaut sekitar 28 kapal," tutupnya.(*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Nelayan Pantai Drini Panen Lobster

Dengan url

http://jogyamalioboro.blogspot.com/2012/11/nelayan-pantai-drini-panen-lobster.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Nelayan Pantai Drini Panen Lobster

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Nelayan Pantai Drini Panen Lobster

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger